October 23, 2018

Netanyahu Tegaskan Israel Dukung Serangan AS di Suriah

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters)


intelijen – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyatakan, Israel sangat mendukung serangan yang dilakukan Amerika Serikat (AS), Prancis dan Inggris di Suriah. AS cs menghujani Suriah dengan bom, sebagai respon atas dugaan serangan senjata kimia yang dilakukan oleh rezim Bashar al-Assad di Douma.

“Setahun lalu saya memberikan dukungan total Israel untuk keputusan Presiden AS Donald Trump untuk memobilisasi serangan guna menghancurkan senjata kimia,” katanya, mengacu pada serangan Amerika terhadap rezim Suriah pada April 2017 setelah serangan gas sarin pada basis pemberontak Suriah.

“Dukungan Israel tetap tidak berubah. AS, Prancis dan Inggris menunjukkan bahwa komitmen mereka tidak terbatas pada deklarasi prinsip,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/4).

Netanyahu kemudian memperingatkan tentang kehadiran Iran di Suriah, yang membuat situasi di sana semakin berbahaya. Netanyahu mengatakan Assad harus memahami bahwa penyediaan basis terdepan untuk Iran dan proksinya membahayakan Suriah.

Sementara itu, seorang pejabat Israel mengatakan Israel diberitahu tentang serangan hanya beberapa jam sebelum serangan. Ditanya berapa banyak peringatan yang Israel terima, pejabat itu Israel diberitahu 12 jam sebelum serangan itu terjadi.

Ditanya apakah Israel membantu memilih target, pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan: “Tidak sepengetahuan saya.”

Share Button

Related Posts