December 10, 2018

Nama Baru Pulau Reklamasi Jakarta

Pulau Reklamasi Jakarta


intelijen – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan nama tiga pulau reklamasi yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Jakarta.

Ketiga pulau reklamasi yaitu Pulau C, D, dan G. Nama pulau-pulau itu diubah menjadi Pantai ‘Kita, Maju, Bersama’.

Keputusan pemberian tiga nama pulau reklamasi tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1744 Tahun 2018 tentang Penamaan kawasan Pantai Kita, Kawasan Pantai Maju dan Kawasan Pantai Bersama.

“Yang selama ini disebut sebagai Pulau C, D, dan G ini diubah secara resmi menjadi kawasan pantai. C jadi kawasan Pantai ‘Kita’, D kawasan pantai ‘Maju’, G Kawasan Pantai ‘Bersama’. Jadi Kita, Maju, Bersama,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Anies mengatakan perubahan nama tersebut setelah menandatangani keputusan gubernur nomor 1744. Menurutnya perubahan nama untuk menyesuaikan ketentuan tata ruang.

“Sesungguhnya itu (Pulau) adalah penamaan yang tak mendasarkan pada rujukan ketentuan tata ruang yang tepat dan benar. Wilayah hasil reklamasi itu sesungguhnya menjadi bagian dari Pulau Jawa, jadi bukan pulau-pulau baru, yang tepat itu disebut sebagai kawasan pantai,” kata Anies.

Diketahui, ketiga pulau tersebut akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Penamaan dan pengelolaan ketiga pulau tersebut merupakan tindak lanjut dari keputusan Anies tentang penyegelan pada pulau-pulau reklamasi yang sudah terlanjur dibangun, pada Juni 2018.

Anies mencabut seluruh izin 13 pulau reklamasi pada September lalu.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Share Button

Related Posts