October 23, 2018

Ministry of National Security, Azerbaijan: Misteri Kematian Aliyev (4)

Mazahir Aliyev (Foto: today.az)


Mazahir Aliyev (Foto: today.az)

INTELIJEN.co.id – Kematian misterius pejabat tinggi polisi Azerbaijan menjadi bagian dari persaingan dua lembaga keamanan di negara ini, yakni Ministry of National Security dan Kepolisian Azerbaijan.

Mazahir Aliyev, Direktur Divisi Pembunuhan di General Department of Criminal Investigation (GUUR) di Kementerian Dalam Negeri, ditemukan tewas di apartemenya.

Kematian salah seorang tokoh penting ini penuh dengan kontradiksi yang menimbulkan banyak pertanyaan.

Pertama, kepala divisi investigasi, Alper Ismailov menyatakan bahwa Mazahir Aliyev bunuh diri, dengan alasan frustasi akibat masalah keluarga. Ini bertolak belakang dengan keterangan resmi yang menyatakan bahwa Aliyev bunuh diri karena penyakit berat.

Di samping itu, beberapa koleganya menyatakan bahwa Aliyev memiliki karakter keras dan tidak memiliki masalah kejiwaan.

Kedua, berdasarkan keterangan beberapa kolega Aliyev, pada sore sehari sebelum ia ditemukan tewas. Aliyev berada di kantornya. Namun menurut atasannya, Ramiz Dzhangirov, ALiyev sedang pergi liburan.

Ketiga, pernyataan resmi polisi mengatakan bahwa Aliyev bunuh diri dengan cara yang mustahil. Ini aneh, mengingat Aliyev selalu membawa senjata revolvernya.

Selain itu, ada hal penting yang dilakukan Aliyev sebelum tewas, ia mengirimkan sejumlah dokumen kepada istrinya. Ia memerintahkan agar istrinya harus mengirimkan dokumen tersebut kepada menteri dalam negeri secara personal.

Namun upaya itu tidak berhasil, istri Aliyev tidak pernah menyampaikan dokumen tersebut kepada menteri dalam negeri.

Salah satu versi yang dirilis oleh media, dokumen-dokumen tersebut sekarang berada di kepala divisi investigatigasi. Versi lainnya mengatakan bahwa dokumen tersebut berada di Office of Prosecutor General.

Saat pembicaraan melalui telepon dengan saudara Aliyev, ada informasi yang mengatakan bahwa beberapa dokumen telah diambil secara paksa oleh agen-agen Ministry of National Security.

Tidak ada yang bisa atau mau menyebutkan, dokumen-dokumen apa saja yang telah diambil dan informasi apa saja yang terkandung di dalamnya.

Sebelum tewas, Aliyev menerima kiriman pos dari GUUR beberapa bulan sebelumnya yakni, setelah menangkap kepala GUUR terdahulu, Zakir Nasirov dan sejumlah pejabat tinggi GUUR lainnya oleh Ministry of National Security.

Menurut sejumlah sumber, Aliyev terlihat melakukan pembicaraan dengan Ministry of National Security .

Setelah kunjungan terakhirnya ke markas Ministry of National Security, Aliyev menceritakan bahwa mereka memaksa untuk memata-matai koleganya.

Dari situ bisa ditebak, bahwa Aliyev membicarakan mengenai Zakir Nasirov, salah satu bawahannya terdahulu.

Semenjak musim panas 2004, Aliyev terlibat dengan sejumlah kegiatan klendestin dan perang brutal yang melibatkan badan intelijen Azerbaijan.

Share Button