March 22, 2019

"Menteri Rini Aktif Dalam Proyek Besar Penyerahan Rahasia Negara pada Singapura"

Joko Widodo dan Rini Soemarno (kompas)


intelijen – Menteri BUMN Rini Soemarno bisa terkena pasal Undang Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) karena telah menyalahgunakan wewenang terkait proses tender pembangunan pusat data “Telin 3” di Jurong Singapura.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Eksekutif Indonesian Club, Gigih Guntoro, dalam keterangannya kepada intelijen (19/06). “Dalam proyek Telin 3, Rini Soemarno bisa dituding memperkaya diri atau orang lain,” tegas Gigih.

Menurut Gigih, pembangunan pusat data Telin 3 dan penyimpanan data server e-Goverment untuk kepentingan publik di Singapura, jelas membahayakan kepentingan negara karena telah melanggar UU 17/2011 tetang Intelijen Negara dan menabrak PP 82/2012.
Kata Gigih, Rini berperan aktif dalam proyek besar yang dapat dikategorikan sebagai pelegalan penyerahan rahasia negara Indonesia kepada Singapura. Yakni, dengan menempatkan “orang-orangnya” di posisi strategis di Telkom dan Telin, sehingga upaya melakukan pendekatan kepada pihak Singtel semakin mulus.

Gigih mengutarakan, peran strategis Menteri Rini tidak lain ingin memuluskan jalan Singtel sebagai raksasa bisnis telekomunikasi di Asia Tenggara, menguasai Indonesia untuk kepentingan ekonomi, politik dan pertahanan Singapura.

“Pembangunan Telin 3 merupakan pusat data terbesar dibandingkan dengan pusat data Telin 1 dan Telin 2 yang juga sama sama bekedudukan di wilayah negara Singapura,” pungkas Gigih Guntoro.

 

Red

Share Button

Related Posts