December 18, 2018

Menkominfo: Korban Penyalahgunaan Data Facebook Indonesia Mungkin Lebih dari 1,1 Juta

Menkominfo Rudiantara


intelijen – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menganggap, ada kemungkinan jumlah pengguna Facebook Indonesia yang datanya disalahgunakan lebih besar dibandingkan dari yang diumumkan.

Sekadar diketahui, jumlah pengguna Facebook Indonesia yang datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica mencapai 1,1 juta pengguna.

Rudiantara mengatakan, pengumuman Facebook yang menyebut bahwa ada sekitar 1,1 juta pengguna Indonesia yang disalahgunakan itu bukanlah akhir dari kasus penyalahgunaan data Facebook yang kini ramai disorot dunia.

“Sebelumnya penyalahgunaan data angkanya tidak benar, dari 50 juta ternyata jadi 87 juta. Saya selalu katakan, saya sendiri belum yakin bahwa ini adalah akhir dari kasus penyalahgunaan data, bahwa ada 1,1 juta data masyarakat Indonesia. Ini saya belum yakin,” katanya.

Oleh karena itu, Rudiantara meminta proses audit dilakukan dan terus dilaporkan. “Sekarangkan sedang diproses ini, sanksi administratif dijatuhkan oleh Kemkominfo dan sanksi kriminal (hukum) ditangani oleh Kepolisian,” kata Rudiantara.

Selain itu, Rudiantara juga menambahkan, ada masalah lain yang dihadapi Facebook di Indonesia selain penyalahgunaan data pengguna.

Masalah yang dimaksud pria yang karib disapa Chief RA ini adalah kesediaan Facebook menghapus konten-konten yang melanggar undang-undang dari platformnya.

Rudiantara menyebut, mulanya Facebook digunakan untuk menjalin pertemanan. Namun lambat laun, jejaring sosial tersebut dimanfaatkan untuk berjualan atau bahkan mengunggah berbagai hal lainnya, termasuk konten pornografi dan yang melanggar undang-undang.

Share Button

Related Posts