October 19, 2018

Menkeu: Kebijakan Fiskal Harus Melihat Dinamika Ekonomi Global Dan Domestik

Menteri Keuangan Sri Mulyani.


intelijen – Dalam merumuskan strategi dan arah kebijakan pembangunan fiskal negara tahun 2019 perlu menimbang dinamika global dan domestik.

Begitu kata Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Paripurna DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (31/5).

Menurutnya, perkembangan dinamika ekonomi saat ini sedang bergerak ke arah keseimbangan baru yang dipengaruhi dua hal utama.

Pertama dampak arah kebijakan di Amerika Serikat (AS), kedua adanya beberapa sumber risiko ketidakpastian global seperti potensi perang dagang AS dan Tiongkok, perkembangan perjanjian nuklir AS dengan Iran, ketegangan geopolitik Timur Tengah, perkembangan politik negara-negara penghasil minyak seperti Venezuela, dan perkembangan di Semenanjung Korea.

“Perkembangan-perkembangan ini memicu perubahan cepat pada harga minyak dan komoditas global,” paparnya.

Untuk itu, dalam rapat tersebut, Sri mengimbau dewan dan fraksi partai di DPR untuk tidak mengabaikan proses pergerakan keseimbangan baru tersebut.

“Pergerakan ini akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan, sebagai bagian dari perekonomian global sudah tentu perekonomian Indonesia tidak luput dari dinamika yang sedang terjadi,” ujarnya.

Share Button

Related Posts