August 19, 2018

Mau Mudik?, Jangan Ngecharge Ponsel di Sembarang Tempat

Ilustrasi (ist)


intelijen – Mudik merupakan tradisi tahunan yang dilakukan saat libur hari raya, biasanya dalam menempuh perjalanan yang jauh menuju kampung halaman, seringkali ponsel atau perangkat lain yang dibawa menghadapi masalah kehabisan baterai yang memaksa Anda untuk mengisi ulang di tempat umum. Tapi tempat umum yang terlihat aman, bisa jadi berisiko pembajakan. Hati-hati!

Pembajakan siber terus berkembang seiring perubahan jaman, jika di waktu lampau pembajakan harus dilakukan melalui layanan internet, saat ini hal tersebut bisa dilakukan melalui tempat isi ulang baterai ponsel. Artinya tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, rest area, rumah makan dan lainnya berpotensi menjadi tempat peretasan.

Sebuah teknik peretasan baru yang disebut Juice Jacking belakangan menjadi momok baru yang ditakuti oleh pengguna ponsel, teknik ini mampu meretas gadget melalui USB yang biasa kita gunakan untuk mengisi ulang.

Metode Juice Jacking

Tidak peduli apakah ponsel pintar yang Anda gunakan adalah iPhone, ponsel Android super keren atau smartphone murah biasa. Semuanya memiliki kesamaan, semua perangkat smartphone membutuhkan power supply yang menggunakan kabel yang sama dengan koneksi data. Artinya, kabel yang digunakan untuk mengisi ulang baterai di ponsel Anda adalah kabel yang sama digunakan untuk mentransfer dan menyinkronkan data.

Data/power pada kabel yang sama, menjadi jalan bagi peretas untuk masuk dan mendapatkan akses ke ponsel selama proses pengisian, memanfaatkan USB kabel data/power untuk mengakses data telepon dan/atau menyuntikkan kode berbahaya ke perangkat, teknik ini dikenal sebagai Juice Jacking. Pencurian data dengan metode ini telah menjadi ancaman terbesar bagi pengguna gadget di mana pun Anda berada setiap kali mengisi ulang baterai.

Karena itu bagi para pemudik yang sedang kehabisan baterai di jalan, agar berhati-hati setiap kali ingin mengisi ulang atau mengecharge ponsel atau gadget yang dibawa. Kesadaran keamanan harus dibangun oleh diri sendiri, lakukan persiapan semenjak dini dengan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan agar terhindar terpapar oleh serangan siber yang mengincar data-data berharga dalam ponsel, terlebih lagi data finansial.

Share Button

Related Posts