December 11, 2018

Mantan Dubes Polandia: Pembiaran Bendera Israel Berkibar di Papua Langgar UU Kebijakan Luar Negeri

Pengibaran Bendera Israel di Papua (harianterbit)


intelijen – Diplomat senior yang juga mantan Dubes RI untuk Polandia, Hazairin Pohan, turut mengecam ‘pembiaran’ pengibaran bendera Israel di Papua dengan dalih pengibaran bendera itu bagian dari upacara keagamaan.

Haz Pohan menegaskan bahwa tindakan pengibaran bendera Israel di wilayah Indonesia akan melukai perasaan bangsa Palestina. Sedangkan Indonesia anti penjajahan. Kesimpulannya, pembiaran pengibaran bendera Israel di Papua bertentangan dengan UU Kebijakan Luar Negeri.

“Israel itu menduduki Palestina dan kita anti penjajahan. Tindakan pengibaran bendera Israel itu melukai perasaan bangsa Palestina. Ini bertentangan dengan UU kebijakan luar negeri,” tegas Haz Pohan di akun Twitter @hazpohan.

Penegasan Haz Pohan itu menanggapi pernyataan Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar yang menyatakan konvoi dengan membawa bendera Israel di Papua tidak ada kaitannya dengan politik, tetapi bagian dari tradisi kelompok masyarakat.

Menurut Boy, konvoi itu dilakukan oleh komunitas Sion Kids. Acara itu digelar sebagai peringatan budaya yang sudah menjadi tradisi.

“Pengibaran bendera Israel di Jayapura peringatan dari komunitas Sion Kids, ini komunitas masyarakat. Itu sudah seperti tradisi dan merupakan budaya,” ujar Boy saat seperti dikutip CNNIndonesia.com (17/05).

Boy mengatakan acara peringatan ini tidak memiliki kepentingan politik apapun. Boy menyebut komunitas ini mengagungkan budaya Israel yang berasal dari keturunan Adam. Boy mengatakan kegiatan mereka tidak mencerminkan dukungan terhadap Israel sebagai sebuah negara.

Share Button

Related Posts