December 13, 2018

Lieberman Klaim Banyak Negara Arab Berteman dengan Israel

Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman (ist)


intelijen – Mantan Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, memuji dampak upaya diplomatik dan ekonomi Israel untuk berteman dengan negara-negara Arab. Hal itu diungkapkan Lieberman tepat setelah ia mengundurkan diri karena serangan militer yang gagal ke Palestina.

Dalam sebuah wawancara, Lieberman mengungkapkan upaya Israel untuk menormalkan hubungan tegangnya dengan negara-negara Arab di sekitarnya.

Berbicara kepada Jerusalem Post, mantan menteri itu mengatakan bahwa negara-negara Muslim mulai melihat Israel sebagai solusi, bukan masalah.

“Negara-negara Sunni memahami bahwa Israel bukanlah masalahnya, itu solusinya,” kata Lieberman.

“Israel saat ini adalah pemain paling serius di kawasan ini, pemain besar lainnya datang dari luar. Kami adalah bagian dari Timur Tengah dan kami adalah mitra yang dapat diandalkan. Pembagian nyata di Timur Tengah bukan di antara agama-agama, tetapi antara radikal dan moderat,” paparnya seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (22/11/2018).

Komentar Lieberman datang karena beberapa negara – Turki, Arab Saudi dan Iran – berusaha memperluas pengaruh mereka atas kawasan Timur Tengah.

Sebagian besar negara-negara Arab di wilayah ini didominasi oleh Muslim Sunni. Israel telah mengirim pejabat ke negara-negara itu baru-baru ini, mencoba untuk mempromosikan proyek-proyek investasi besar termasuk kunjungan bersejarah Perdana Menteri Netanyahu sendiri ke Oman awal tahun ini.

Share Button

Related Posts