October 19, 2018

Lavrov: Denuklirisasi Korut Tidak Akan Tercapai Jika Sanksi Masih Diterapkan

Menlu Rusia, Sergei Lavrov. (ist)


intelijen – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menyatakan, denuklirisasi di Semenanjung Korea tidak dapat dicapai selama sanksi terhadap Pyongyang masih diterapkan.

Masalah denuklirisasi Semenanjung Korea telah menjadi pembahasan utama dalam pertemuan dua Korea beberapa waktu lalu. Ini juga akan menjadi pembahasan utama dalam pertemuan antara pemimpin Korea Utara (Korut) dan Amerika Serikat (AS) Juni mendatang di Singapura.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong-ho di Pyongyang, Lavrov menyatakan masalah sanksi terhadap Korut harus diselesakan terlebih dahulu, sebelum akhirnya memulai pembicaraan mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea.

“Mengenai sanksi, sangat jelas bahwa ini adalah tempat untuk memulai seluruh percakapan tentang solusi masalah nuklir Semenanjung Korea, kami melanjutkan dari fakta bahwa itu tidak dapat diselesaikan sampai sanksi dihapuskan,” kata Lavrov, seperti dilansir Russia Today pada Kamis (31/5).

Diplomat senior Rusia itu kemudian menekankan bahwa tidak mungkin untuk memastikan denuklirisasi dalam satu pertemuan semata. Dia lalu mendesak para diplomat Korut dan AS untuk menggunakan “seni diplomasi” untuk mencapai hasil yang diinginkan selangkah demi selangkah.

Di kesempatan yang sama, Lavrov mengatakan bahwa Rusia menyambut baik hasil negosiasi intra-Korea baru-baru ini dan mencairnya hubungan antara Korut dan AS.

“Kami menyambut baik kontak-kontak yang telah berkembang antara Korut dan Korea Selatan (Korsel), Korut dan AS. Kami menyambut pertemuan puncak antara Pyongyang dan Seoul yang telah terjadi dan pertemuan antara pemimpin Korut dan AS,” tukasnya.

Share Button

Related Posts