July 22, 2018

KPU Bolehkan Jokowi Kampanye Pakai Pesawat Kepresidenan, Rachel Maryam: Sedaaapp!

Joko Widodo dan Iriana Jokowi di Pesawat Kepresidenan (elshinta)


intelijen – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan pesawat kepresidenan boleh dipergunakan untuk kampanye capres petahana. Alasannya, fasilitas itu telah melekat dan tidak bisa dilepaskan dari presiden meski sedang cuti kampanye.

Sikap KPU itu memunculkan tanda tanya, meskipun Arief menyatakan undang undang memperbolehkan pesawat kepresidenan dipakai untuk kampanye.

“Sedaaapp…,” tulis artis yang juga politisi Gerindra Rachel Maryam di akun Twitter @cumarachel, menanggapi tulisan bertajuk “KPU Izinkan Capres Petahana Pakai Pesawat Presiden Saat Kampanye”.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon turut mengomentari sikap KPU tersebut. Fadli menyarankan agar aturan yang memperbolehkan penggunaan pesawat kepresidenan untuk kampanye agar dikaji kembali.

“Pesawat itu menurut saya seharusnya tidak perlu, kalau pesawat itu sangat spesifik. Jadi sebaiknya aturan itu ditinjau karena tidak adil,” kata Fadli seperti dikutip tribunnews (10/04).

Menurut Fadli, calon incumbent dapat menggunakan moda transportasi alternatif lainnya misalnya menyewa pesawat. “Menurut saya tidak boleh karena itu fasilitas negara dan ada alternatifnya, alternatifnya itu sewa pesawat atau gunakan komersial. Jadi menurut saya itu tidak adil karena moda transportasinya ada alternatifnya,” tegas Fadli.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kepala negara yang kembali mencalonkan diri di Pemilu Presiden (Pilpres), tidak boleh menggunakan fasilitas negara saat cuti kampanye.

Aturan detail soal itu sedang disiapkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP). Aturan tersebut juga sudah dibicarakan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk melihat file para presiden terdahulu. Baik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maupun Megawati Soekarnoputri untuk dipakai sebagai acuan.

“Pengamanan semua sama. Capres-cawapres sama. Tapi kalau petahana kan fungsi presiden kan melekat. Kalau ada apa-apa gimana? Maka izin cutinya saat kampanye. Misalnya Senin kampanye. Selasa tidak. Atau kampanyenya Jumat Sabtu Minggu saja,” kata Tjahjo seperti dikutip jpnn (06/04).

Share Button

Related Posts