October 20, 2018

AS-Korut Kompak Belum Respon Tawaran Indonesia

Kim Jong un dan Donald Trump


intelijen – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menyatakan sejauh ini belum ada respon mengenai tawaran pemerintah untuk menjadi tuan rumah pertemuan antara Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Tawaran itu disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi pasca melakukan pertemuan dengan Duta Besar dua negara Korea di Istana Merdeka beberapa waktu lalu.

Menurut juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nassir, sampai saat ini belum ada pengumuman baik dari pihak Korut ataupun pihak AS mengenai kapan dan dimana lokasi pertemuan itu terjadi apakah di Singapura, Mongolia, Indonesia, atau di negara lainnya.

“Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai waktu dan tempat pertemuan tersebut,” kata Tata, sapaan akrab Arrmanatha, dalam briefing mingguan Kemlu, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Ia lalu menuturkan, sekiranya Indonesia pada akhirnya ditunjuk atau diminta menjadi lokasi pertemuan kedua pemimpin tersebut, maka Indonesia akan siap untuk menggelarnya.

“Yang disampaikan Pak Presiden, bahwa apabila diminta Indonesia siap. Namun keputusan ini dibuat oleh kedua negara,” ucapnya.

Trump sendiri kemarin menyatakan waktu dan tempat pertemuan puncak antara dirinya dan Kim Jong-un akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. Meski begitu, Trump tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang pertemuan, di mana ia akan mencoba membuat rezim Korut menghentikan program nuklir dan misilnya.

“Saya ingin mendapatkan perdamaian. Hal utama – kami ingin mendapatkan kedamaian. Kita akan lihat. Kami sedang mengatur pertemuan sekarang dan saya pikir mungkin itu, lokasi dan tanggal, akan diumumkan dalam beberapa hari,” ucap Trump.

Share Button

Related Posts