October 24, 2018

Korut Dilaporkan Izinkan Situs Peluncur Rudalnya Diinspeksi ICAO

Kim Jong-un


intelijen – Pemerintah Korea Utara (Korut) mengizinkan pejabat Organisasi Penerbangan Sipil International (ICAO) untuk menginspeksi situs peluncuran rudalnya. Inspeksi itu untuk menjamin keamanan penerbangan internasional.

Menurut laporan oleh Kyodo News yang berbasis di Jepang, izin dari negara komunis untuk memverifikasi penangguhan uji coba peluru kendali (rudal) yang telah dijanjikan pemerintah Kim Jong-un.

Laporan media Jepang itu menyatakan, kunjungan ICAO yang direncanakan kemungkinan akan dilakukan tahun depan untuk memverifikasi langkah-langkah yang diambil rezim Pyongyang untuk menjaga keamanan peluncuran rudal.

Sebelum menangguhkan uji coba peluru kendalinya dan dialog dengan Amerika Serikat (AS) rezim Kim Jong-un sudah beberapa kali menembakkan rudal balistik dalam sebuah uji coba tanpa membuat pemberitahuan. Tindakan itu bisa membahayakan penerbangan sipil yang melewati rute udara Semenanjung Korea.

“Pemeriksaan mendatang diperkirakan akan mencakup kunjungan ke otoritas penerbangan negara itu dan wawancara dengan orang-orang yang bertanggung jawab,” bunyi laporan Kyodo News, tanpa disebutkan sumber laporannya, seperti dikutip Yonhap, Senin (20/8/2018).

Sebelum pertemuan pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, rezim Pyongyang telah meluncurkan lebih dari 10 rudal balistik jarak menengah dan jarak jauh pada tahun 2017. Awal tahun 2018, Kim Jong-un mengumumkan penangguhan uji coba senjatanya dalam pidato Tahun Baru.

Setelah pertemuan dua pemimpin Korea, Kim Jong-un juga melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada 12 Juni lalu. Dalam pertemuan itu, Kim dilaporkan setuju untuk membongkar fasilitas uji coba rudal negaranya dan komitmen untuk melakukan denuklirisasi.

Share Button

Related Posts