March 24, 2019

Korsel Hentikan Pencarian Korban Kapal Feri Sewol

Korsel Hentikan Pencarian Korban Kapal Feri Sewol. (ist)


Intelijen – Pemerintah Korea Selatan menyatakan akan menghentikan pencarian sembilan korban hilang dari Kapal Feri Sewol yang tenggelam pada April. Kejadian itu menewaskan lebih dari 300 orang. Pengadilan pun siap mendakwa kapten kapal tersebut sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Tiga hakim panel di Kota Gwangju Selatan menyatakan akan menjatuhkan hukuman penjara kepada kapten kapal feri, Lee Joon-seok, serta 14 kru apabila terbukti bersalah.

Menurut Menteri Maritim Korsel, Lee Ju-young, kecelakaan tersebut merupakan bencana maritim terburuk dalam beberapa dekade. Mendekati musim dingin dan melemahnya struktural dari kapal yang sudah tujuh bulan di bawah air dapat membahayakan tim pencari korban yang masih hilang.

“Saya sungguh-sungguh menyesal mengumumkan akhir dari operasi pencarian sementara. Saya tidak mampu memegang kata-kata saya untuk terus mencari sampai semua korban ditemukan,” katanya, seperti dilansir Reuters, Selasa (11/11/2014).

Keputusan itu telah disepakati oleh keluarga dari sembilan penumpang yang masih hilang yang sudah berjaga di sebuah pulau selatan dekat lokasi bencana.

Sebagaimana diketahui, hanya 172 dari 476 penumpang dan awak yang berhasil diselamatkan. Sebanyak 304 korban dipastikan meninggal atau masih dalam daftar pencarian. Sementara 250 korbannya merupakan anak-anak sekolah.

Kapten dan tiga petugas didakwa dengan pembunuhan. Sedangkan anggota awak lainnya menghadapi tuduhan yang lebih ringan.

Sumber: Okezone

Share Button

Related Posts



Article Tags