October 20, 2018

Korea Utara Hentikan Pembongkaran Situs Peluncuran Rudal

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un


intelijen – Foto satelit dari pekan lalu menunjukkan Korea Utara (Korut) menghentikan pekerjaannya untuk membongkar tempat uji coba rudal. Demikian laporan lembaga think tank Washington.

North38 mengatakan citra satelit komersil dari stasiun peluncuran satelit Sohae yang diambil pada 16 Agustus mnengindikasikan tidak ada kegiatan pembongkaran signifikan di stan uji mesin atau landasan peluncuran di situs tersebut sejak 3 Agustus.

Laporan North38 mengatakan kemajuan signifikan dalam menghancurkan situs uji coba telah dilakukan dari Juli hingga awal Agustus, tetapi menambahkan: “Komponen yang sebelumnya dihapus tetap ditumpuk di tanah,” seperti dikutip dari Reuters, Kamis (23/8/2018).

Dikatakan bahwa sebuah bangunan transfer/pengolahan yang dipasang di landasan peluncuran juga tampak macet. Tidak jelas apakah pekerjaan yang telah terjadi terkait dengan pembongkaran atau modifikasi struktur.

Laporan North38 muncul disaat meluasnya keraguan tentang kesediaan Korut untuk mengikuti tuntutan Amerika Serikat (AS) untuk menyerahkan senjata nuklirnya.

Tidak ada komentar langsung dari Gedung Putih terkait hal ini.

Badan pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Senin bahwa pihaknya tidak menemukan indikasi bahwa Korut telah menghentikan kegiatan nuklirnya.

Saat pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura, Pemimpin Korut Kim Jong-un secara luas setuju untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun ia tidak memberikan tanda bersedia menyerahkan gudang senjatanya secara sepihak.

Share Button

Related Posts