September 20, 2017

Kisah Jenderal Benny Moerdani Minta Dimakamkan Secara Islam Saat Meninggal

Benny Moerdani. cdn.radionetherlands.nl


intelijen – Jenderal Benny Moerdani dikenal sebagai legenda dunia intelijen dan tokoh penting dalam perkembangan TNI. Kehidupan pribadi Benny dikenal misterius.

Dalam biografinya yang ditulis Julius Pour, Benny dikenal sebagai pemeluk Katolik yang taat. Saat bertempur Benny selalu membawa bibel yang diberikan ibunya.

Belakangan, saat menjabat sebagai raja intel lalu menjadi Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (kini Panglima TNI), Benny sempat dicap memusuhi Umat Islam.

Benny Moerdani dilahirkan dari seorang ayah yang beragama Islam. Sementara ibunya wanita Indo Jerman yang beragama Katolik. Benny dan adik-adiknya mengikuti kepercayaan ibunya.

Ada fakta menarik soal Benny Moerdani. Siapa sangka di akhir hidupnya Benny meminta agar dikafani dan dibacakan Yasin seperti orang yang beragama Islam.

Kisah ini dituturkan oleh Adnan Ganto. Sahabat sekaligus orang kepercayaan Benny Moerdani. Adnan Ganto adalah pria asal Aceh yang menjadi bankir kelas dunia. Dia sudah dipercaya oleh Benny Moerdani untuk menjadi penasihat ekonomi Departemen Pertahanan RI sejak tahun 1987.

Akhir 1980an Benny mengajak Adnan ziarah ke makam orang tua Benny di Solo, Jawa Tengah. Benny masih menjadi menteri pertahanan dan Adnan masih tinggal di Singapura.

Share Button

Related Posts