January 16, 2019

Kirim Sinyal Kekalahan Jokowi-Maruf, Kyai Said Aqil Dapat Ucapan Terima Kasih Dari Priyo Budi Santoso

KH Said Aqil Siradj dan Permadi Arya (ist)


intelijen – Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso, mengucapkan terima kasih kepada Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Ucapan terima kasih berisi sindiran itu disampaikan Waketum ICMI setelah sebelumnya Kya Said mengungkapkan kekhawatirannya. Kyai Said khawatir, rezim setelah Jokowi akan intervensi pesantren.

“Terima kasih yai, telah mengirim sinyal kekalahan paslon 01 Ko-Ruf,” tulis Priyo Budi Santoso di akun Twitter @PriyoBudiS mengomentari tulisan bertajuk “Said Aqil Khawatir Rezim Setelah Jokowi Intervensi Pesantren”.

Akun resmi Partai Gerindra, @Gerindra turut mengomentari pernyataan Kyai Said itu. “Ini bisa dibilang menyebar ketakutan juga atau tidak ya?” tulis @Gerindra.

Pertanyaan @Gerindra itu ditimpali komentar pedas mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo. “Politikus gendruwo itu mereka menyebarkan ketakutan dan kekhawatiran alias pesimisme,” tulis Prabowo di akun @marierteman.

Menurut Kyai Said, kekhawatiran pesantren akan diintervensi jika pemerintahan selanjutnya berganti, yakni ketika Joko Widodo tak lagi menjadi Presiden. celah intervensi muncul di Rancangan Undang-undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang masih dibahas di DPR.

“Kalau nanti kapan-kapan, misalkan rezimnya berbeda, kemudian tidak senang pesantren, intervensi (bisa dilakukan) dengan berdasarkan undang-undang yang ada,” ujar Kyai Said seperti dikutip viva.co.id (10/01).

Salah satu bentuk intervensi, menurut Kyai Said, bisa dilakukan melalui aturan pendanaan pemerintah di RUU Pesantren. Said tak mau aturan tersebut malah menjadi alat pemerintah mengganggu independensi pesantren semata-mata karena pesantren mendapat pembiayaan dari negara.

Share Button

Related Posts