June 22, 2018

Kim Jong-un: Korea Selatan Sangat Mengesankan, Terima Kasih

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. | (Reuters)


intelijen – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memuji Korea Selatan (Korsel) yang dia sabut sangat mengesankan setelah menyambut kunjungan adiknya untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade di Pyeongchang. Penguasa Pyongyang itu bahkan mengucapkan terima kasih kepada Seoul.

Pujian Kim Jong-un dilaporkan oleh kantor berita negara Korea Utara, KCNA, Selasa (13/2/2018). Adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, telah pulang ke Pyongyang dengan jet pribadi setelah kunjungan sensasional selama tiga hari di Korsel.

”Setelah menerima laporan delegasi tersebut, Kim Jong-un menyatakan kepuasannya dan mengatakan bahwa fitur di pihak Korea Selatan sangat mengesankan, yang secara khusus memprioritaskan kunjungan anggota tim DPRK yang ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin,” tulis KCNA. ”Pemimpin Korea Utara mengucapkan terima kasih kepada Seoul,” lanjut laporan KCNA.

Penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan dan kunjungan adik Kim Jong-un telah jadi sorotan dunia karena dianggap berhasil meredam ketegangan di Semenanjung Korea yang dipicu oleh pengembangan senjata nuklir Pyongyang dan sejumlah tes peluru kendali (rudal).

Korut telah mengirim atletnya ke resor ski Pyeongchang, bersama dengan pemandu sorak dan dan tim delegasi diplomatik, termasuk Kim Yo-jong. Perempuan muda yang dijuluki “Ivanka Trump”-nya Korut ini tercatat sebagai orang pertama dari keluarga penguasa Pyongyang yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak berakhirnya Perang Korea.

Dia berjabat tangan beberapa kali dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, bersorak menyambut tim atlet Korut dan menyampaikan undangan kakaknya untuk Presiden Moon agar datang ke Pyongyang.

Laporan KCNA juga menyatakan bahwa pemimpin Korut ingin membangun pendekatan dengan Korea Selatan.”Dia merasa penting untuk terus membuat hasil yang baik dengan menghidupkan kembali iklim rekonsiliasi dan dialog yang hangat,” tulis media pemerintah tersebut.

“Kim secara rinci menentukan orientasi perbaikan hubungan Korut-Korsel dan memberikan instruksi penting ke bidang yang relevan untuk mengambil tindakan praktis untuk itu,” lanjut media itu tanpa merinci tindakan-tindakan yang dimaksud.

Share Button

Related Posts