August 16, 2018

Kim Jong Un Ingin Rekonsiliasi dengan Korea Selatan Terus Berlanjut

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (foto: Reuters)


intelijen – Pemimpin Korea Utara Kim Jon Un memuji Korea Selatan atas upaya yang mengesankan dalam menyambut delegasinya selama Olimpiade Musim Dingin 2018.

Kantor berita KCNA melaporkan, Kim telah berterima kasih kepada Korea Selatan kerena memprioritaskan kunjungan Korea Utara ke Olimpiade di Pyeongchang.

Komentar Kim Jong Un terlontar ketika anggota delegasi yang juga merupakan adiknya, Kim Yo Jong, kembali ke Korea Utara untuk melaporkan kunjungan mereka selama di Korea Selatan.

“Setelah menerima laporan delegasi, Kim Jong Un menyatakan kepuasan terhadapnya,” tulis laporan KCNA.

“Sangat mengesankan perlakuan dari selatan, yang secara khusus memprioritaskan kunjungan anggota dari Korea Utara,” tambahnya.

Menurut Kim Jon Un, menjadi sangat penting bagi kedua negara untuk melakukan rekonsiliasi dan dialog melalui momentum Olimpiade Musim Dingin.

“Penting untuk terus membuat hasil yang baik dengan lebih jauh mengidupkan iklim hangat rekonsiliasi dan dialog yang diciptakan oleh keinginan dan kehendak yang kuat dari Utara dan Selatan dengan Olimpiade Musim Dingin sebagai momentum,” katanya.

Saat berada di Korea Selatan, Kim Yo Jong menyampaikan undangan kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk berkunjung ke Korea Utara.

Kim Yo Jong juga memberikan laporan terperinci tentang pertemuannya dengan Moon, serta kemajuan hubungan dengan Amerika Serikat yang merujuk pertemuan singkatnya dengan Wakil Presiden AS Mike Pence, yang juga datang ke Korea Selatan pekan lalu.

Laporan tersebut menandai rangkaian gerakan rekonsiliasi oleh kedua Korea setelah Korea Utara terus-menerus melakukan uji coba rudal balistik.

Perbaikan ini juga mengindikasikan harapan bahwa Korea Utara dapat menegosiasikan denuklirisasi dengan Pence, yang menyatakan siap untuk berbicara dengan Korea Utara.

Share Button

Related Posts