November 15, 2018

Khamenei: Dunia Menentang Keputusan Trump

Pemimpin Besar Iran Ayatollah Ali Khamenei.


intelijen – Pemimpin spritual tertinggi Iran, Ayataollah Ali Khamenei mengatakan, kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendapatkan tentangan dari seluruh dunia. Washington saat ini tengah bersiap untuk menjatuhkan kembali sanksi terhadap Iran di sektor ekspor minyak dan keuangan yang menjadi urat nadi Teheran.

Khamenei juga mengatakan musuh bebuyutan Iran, AS, telah gagal menegaskan kembali dominasinya atas Teheran sejak Revolusi Islam 1979 di negara itu yang menggulingkan pemerintahan Shah yang didukung AS.

“Dunia menentang setiap keputusan yang dibuat oleh Trump,” televisi pemerintah Iran mengutip Khamenei yang mengatakan saat pertemuan dengan ribuan mahasiswa.

“Tujuan Amerika adalah untuk membangun kembali dominasi yang dimilikinya (sebelum 1979) tetapi telah gagal. Amerika telah dikalahkan oleh Republik Islam selama 40 tahun terakhir,” imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (4/11/2018).

Washington pada Senin akan memberlakukan kembali sanksi-sanksi yang berjangkauan luas terhadap penjualan minyak dan sektor-sektor perbankan Iran yang penting. Washington mencoba memaksa Republik Islam ke dalam perundingan untuk menghentikan program energi nuklir dan rudal balistiknya serta mengakhiri dukungannya untuk proksi dalam konflik di Timur Tengah.

Namun, pemerintahan Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa delapan negara pengimpor sementara akan diizinkan untuk tetap membeli minyak Iran ketika sanksi mulai berlaku. Iran adalah eksportir minyak nomor 3 di dunia.

Turki mengatakan pada hari Sabtu bahwa Ankara telah menerima indikasi awal dari Washington bahwa negara itu akan diberikan keringanan, tetapi menunggu klarifikasi pada hari Senin.

Share Button

Related Posts