January 16, 2019

Ketua MPR Disoraki di HUT PDIP ke-46, Sosiolog: Mana Implementasi Revolusi Mental?

Massa PDIP di Graha Pena (pojoksatu)


intelijen – Insiden memalukan terjadi di arena peringatan HUT PDIP ke-46 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta (10/01). Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang diundang sebagai tamu disoraki hingga dua kali. Yakni saat saat pembawa acara menyapa Zulkifli Hasan (Zulhas), dan saat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyapa tamu undangan.

Sosiolog yang juga rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar menyesalkan insiden itu. Musni Umar mengaitkan mentalitas kader PDIP itu dengan program Revolusi Mental yang diusung Pemerintahan Joko Widodo.

Menurut Musni, Zulkifli Hasan adalah simbol PAN yang harus dihormati. “Prihatin sekali Ketua Umum PAN disoraki dalam HUT PDIP. Pak Zul simbol PAN yang harus dihormati. Mana implementasi revolusi mental?” tanya Musni Umar di akun Twitter @musniumar mengomentari tulisan bertajuk “Zulkifli Disoraki di HUT PDIP, PAN: Tak Bisa Terima Tamu dengan Baik”.

Terkait Revolusi Mental, sebelumnya mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu memberikan catatan. “REVOLUSI MENTAL. Awalnya saya menunggu bahwa akan ada program mendasar untuk memperbaiki etika, moral, cinta tanah air dll, tapi sampai saat ini implementasi yang saya lihat hanya judul anggaran dalam APBN, ada pemberian award dan seminar. Apa ada yang bisa bantu tunjukkan fakta lain?” catat Said Didu di akun @saididu.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto menilai, insiden Zulhas disoraki, menandakan bahwa kader PDIP tidak bisa menerima tamu dengan baik.

Selain itu, Yandri menyatakan, kehadiran Zulhas dalam acara HUT PDIP patut diapresiasi, mengingat situasi politik jelang Pemilu 2019 semakin panas.

“Tapi menurut saya, sikap Bang Zul itu harus kita apresiasi, mau datang di situasi yang mungkin hari ini sedang bersaing yang sangat ketat ya. Keberanian Bang Zul harus diapresiasi,” kata Yandri seperti dikutip detik.com (10/01).

Seperti dirilis RMOL (10/01), Zulkifli Hasan disoraki saat Presiden Joko Widodo memberi salam kepada Zulhas ketika memulai sambutan di acara Rakornas dan HUT ke-46 PDIP. Jokowi menyebut Zulkifli Hasan dalam kapasitas sebagai Ketua MPR. “Kepada yang saya hormati Bapak Ketua MPR,” ujar Jokowi yang disaut dengan teriakan “huuuu” oleh audiens peserta Rakornas.

Share Button

Related Posts