December 19, 2018

Keponakan Setnov Beberkan Bagi-bagi Jatah Proyek e-KTP ke Politisi Senayan

Irvanto Hendra Pambudi


intelijen – Keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo mengungkap kronologis bagi-bagi uang kepada anggota DPR melaluinya. Hal itu ia utarakan saat menjadi saksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, atas terdakwa korupsi proyek e-KTP, Anang Sugiana Sudiharjo.

Ivan, sapaan akrab Irvanto, menyebut awal mula ia ‘bertugas’ sebagai distributor jatah ke anggota DPR saat Andi Agustinus alias Andi Narogong memintanya mengambil uang USD 500.000 untuk diserahkan kepada Chairuman Harahap, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR.

Eksekusi pemberian uang titipan Andi dilakukan Irvanto melalui anak Chairuman di Pondok Indah Mall 2 (PIM 2).

Selanjutnya, ia kembali mendapat tugas dari Made Oka Masagung, pemilik OEM Investement sekaligus rekan Setya Novanto, agar dipertemukan dengan Chairuman.

“Saya diminta mengatur pertemuan dengan Pak Chairuman dan disepakati ketemu di the cafe Hotel Mulia, penyerahan SGD 1 juta,” ujar Irvanto, Senin (21/5).

Perintah kontribusi uang kembali diterima Irvanto dari Setya Novanto. Saat itu, kata Ivan, sang paman memintanya mengambil uang USD 100.000 ke Andi untuk diserahkan ke Jafar Hafsah, ketua fraksi Demokrat saat itu.

“Kemudian berikutnya, pak SN juga ke Pak Andi USD 700.000 saya serahkan ke Akom (Ade Komarudin), lalu berikutnya dari Pak Andi ke Mekeng dan Markus Nari SGD 1 juta. Pak Oka ketemu saya di kafe sekitar Melawai kasih USD 500.000 untuk kasih ke Agun. Pak Andi (kasih) SGD 1 juta ke Pak Agun juga,” tukasnya.

Share Button

Related Posts