December 13, 2018

Kelompok Separatis ETA Resmi Membubarkan Diri

Kelompok Separatis ETA


intelijen – Kelompok ETA menyatakan resmi mengakhiri pertempuran di Basque. Mereka mulai membubarkan struktur organisasinya setelah gencatan senjata setahun lalu.

Pemerintahan Spanyol berjanji untuk terus mengusut kejahatan yang dilakukan kelompok tersebut. Pasukan keamanan juga akan selalu memburu teroris yang mengancam keamanan negara.

Militan ETA telah menewaskan lebih dari 850 orang demi menciptakan sebuah negara sendiri di Spanyol Utara dan Prancis Selatan. Dalam surat yang dikirimkan kepada lembaga regional, ETA mengatakan bahwa mereka resmi membubarkan diri.

Meski demikian, perly waktu enam tahun ke depan bagi kelompok tersebut untuk menyerahkan semua persenjataannya serta satu per satu anggota resmi keluar. Untuk anggota yang berada di luar Spanyol, mulai membubarkan diri pada akhir minggu ini.

Menanggapi pengumuman tersebut, Menteri Dalam Negeri Spanyol, Juan Ignacio Zoido bersumpah untuk terus menyelidiki kejahatan mereka yang belum diselesaikan. “ETA memang resmi bubar, tetapi penyelidikan kejahatannya tetap berlanjut,” kata dia.

Surat yang beredar pada 16 April lalu butuh waktu selama dua minggu untuk benar-benar disiarkan. Surat itu merupakan lanjutan dari permohonan maaf yang mereka lakukan pada bulan lalu.

Euskadi Ta Astakasuna yang disingkat menjadi ETA yang berarti Tanah Air dan Kebebasan dalam bahasa Basque dibentuk pada 1959 dengan tujuan memperoleh kemerdekaan untuk Basque. Kelompok speratis itu menyatakan gencatan senjata pada 2011 dan meletakkan senjatanya pada April 2017 sekaligus menutup salah satu pemberontakan bersenjata terbesar di Eropa.

Pembubaran ETA membuat sebagian warga Spanyol senang sekaligus marah. Pasalnya kejahatan yang dilakukan kelompok tersebut sudah sangat banyak dan belum diusut secara tuntas.

Aksinya marak di tahun 60-an dimana saat itu rezim Diktator Jenderal Franco sedang berkuasa. Mereka melakukan pembunuhan terhadap politisi dan juga pengeboman.

Share Button

Related Posts



Article Tags