March 22, 2019

Kasus Habib Rizieq Di-SP3, Hukum di Negeri Masih Hidup di Pundak Kepolisian RI

Natalius Pigai, (ist)


Kepolisian telah menyadari bahwa institusi kepolisian adalah satu lembaga negara yang dekat dengan rakyat, para pencari keadilan. Maka Pasti senang jika dipuji juga tetap saja menerima di saat dihujat, dicaci dan maki. Yang paling penting adalah Kepolisian dengan jargon Profesional, modern dan terpercaya (Promoter) tetap berusaha untuk menegakkan hukum secara berkeadilan.

Kepolisian Negara juga sesuai dengan amanat UU Nomor 2 Tahun 2002 tetap berusaha untuk menjaga tegaknya Pancasila, UUD 45, NKRI dan kebhinnekaan.

Kita patut beri apresiasi kepada kepolisian bawah proses hukum terhadap para ulama, umat muslim dan aktivis semuanya berakhir dengan baik tida sepertinya lazimnya melalui proses penegakan hukum dengan mengedepankan pendekatan ketat (crime control model), dan ada commander wish untuk mengontrol secara ketat agar citra, harkat dan martabat manusia tetap terjaga baik para aktivis dan ulama, habaib juga ulama besar umat Islam Habin Rizieq.

Dalam pengamatan pribadi, saya berkeyakinan bahwa Kepolisian menyadari betul saat ini ada gempuran dunia internasional dengan membangun framing negatif atau stereotipe negatif terhadap muslim.

Rizieq Shihab pemimpin muslim Indonesia adalah target utama bagi orang-orang yang menjalankan praktik Islamopobia yang yang telah menghancurkan imperium Islam dan peradabannya di Arab.

Memang tidak mudah menegaskan hukum tetapi lebih sulit menjaga nama, harkat mulia tokoh-tokoh panutan umat muslim. Semua ini saya saksikan sendiri sebagai ketua tim pembela Habib Rizieq, para ulama, umat muslim, aktivis baik di Komnas HAM maupun juga sebagai aktivis kemanusiaan.

Seandainya benar bawah adanya SP3 terhadap kasus Habib Rizieq ini, maka sudah sewajarnya kita harus menyatakan bahwa hukum di negeri belum mati, masih hidup di pundak kepolisian negara yang independen dan profesional. Apresiasi juga patut kita sampaikan!

Sumber: TeropongSenayan

Share Button

Related Posts