April 23, 2018

Jokowi Teken Perpres Permudah Naker Asing, Hidayat Nur Wahid Tagih Janji Kampanye Jokowi

pekerja cina di PLTU Celukan Bawang (eramuslim)


intelijen – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (Perpres TKA). Perpres ini mempermudah TKA masuk ke Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mempertanyakan Perpres TKA tersebut. “Semestinya Pemerintah lebih prioritaskan atasi kegalauan Rakyat akibat membanjirnya TKA dari China, beserta dampak-dampak negatifnya, dan atasi meningkatnya pengangguran di kalangn tenaga terdidik di Indonesia dengan ciptakan lapangan kerja baru, sesuai janji kampanye,” tulis HNW di akun Twitter @hnurwahid.

Direktur Centre for Strategic and Policy Studies (CSPS), Prijanto Rabbani, mengingatkan bahwa saat ini rakyat banyak yang menganggur dan sulit cari pekerjaan.

“Rakyat banyak yang menganggur dan sulit cari pekerjaan, pemerintah bikin kebijakan seperti ini… Telah hilang keberpihakan ke rakyat!!!” tegas Prijanto di akun @PrijantoRabbani.

Perpres 20/2018 ditujukan untuk meningkatan investasi dan perbaikan ekonomi nasional. Dalam Perpres ini disebutkan, setiap pemberi kerja TKA yang menggunakan TKA harus memiliki rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) yang disahkan menteri atau pejabat yang ditunjuk.

Perpres ini menggantikan Perpres Nomor 72 Tahun 2014 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang dibuat pada era presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Share Button

Related Posts