October 20, 2018

Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Mata-mata AS dalam Jarak 6 Meter

Jet Tempur Rusia


intelijen – Jet tempur jenis Su-27 milik Rusia dilaporkan mencegat pesawat pengintai Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) P-8 saat terbang di atas Laut Baltik. Pencegatan itu dikatakan “aman” namun tidak profesional.

Seperti dikutip dari Fox News, Rabu (2/5/2018), jet Rusia datang dalam jarak sekitar 20 kaki atau 6 meter dari pesawat Angkatan Laut AS. Meski begitu pilot AS mengatakan kepada para pejabat bahwa mereka tidak pernah merasa terancam atau tidak aman.

Ini adalah insiden pertama antara pesawat militer Rusia dan AS sejak Januari, ketika jet tempur Rusia terbang di atas pesawat mata-mata EP-3 Angkatan Laut AS di Laut Hitam.

Dalam insiden itu, jet Su-27 Rusia datang dalam jarak lima kaki dari pesawat militer AS, langsung memotong jalur penerbangan EP-3, menurut pernyataan dari Armada 6 Angkatan Laut AS. Pertemuan itu begitu dekat sehingga menyebabkan jet Angkatan Laut AS terbang menghindari jet Rusia.

Sebelum itu, pada November 2017, militer AS mengatakan jet tempur Rusia terbang dalam jarak 50 kaki atau 15 meter dari pesawat pengintai Angkatan Laut, menyebabkan pesawat itu miring 15 derajat akibat turbulensi. Pada Mei 2017, sebuah jet Rusia datang dalam jarak 6 meter dari pesawat mata-mata AS di atas air. Pada bulan Desember 2017, dua F-22A Raptors AS melakukan kontak dengan dua jet Rusia ketika mereka melintasi garis desimal atas Suriah.

Share Button

Related Posts