October 23, 2018

Jepang Marah Pesawatnya Didekati Dua Jet Cina

Ilustrasi Pesawat Tempur Jepang (IST)


Intelijen – Jepang telah mengajukan protes diplomatik ke Beijing setelah jet militer Cina dilaporkan terbang begitu dekat, sekitar 30 meter, dengan sebuah pesawat militer Jepang di wilayah Laut Cina Selatan.

Dikutip dari Associated Press, Rabu, 11 Juni 2014, Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan, dua jet SU27 milik Cina mendekati pesawat Jepang di wilayah yang diklaim dua negara tersebut.

Menurut Onodera, hal ini bisa menimbulkan bahaya bagi pesawat Jepang yang tengah dalam misi pengintaian udara yang rutin digelar di wilayah tersebut dan insiden serius bisa saja terjadi. Kejadian serupa pernah terjadi pada 24 Mei lalu.

Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan, pada 2013 lalu, jet tempur Jepang telah bergegas menanggapi kehadiran 810 pesawat asing, yang lebih dari setengahnya merupakan milik Cina.

Memang, kedua negara ini telah meningkatkan patroli kapal dan pesawat militer untuk menekan klaim teritorial masing-masing atas sekelompok pulau tak berpenghuni di Laut Cina yang disebut Senkaku dalam bahaasa Jepang dan Diaoyu dalam bahasa Cina. Jepang mengaku menguasai pulau tersebut tapi Cina juga melontarkan klaim serupa.

Sumber: Tempo

Share Button

Related Posts