November 14, 2018

Jawab Tantangan Jokowi, Rizal Ramli Siap Debat dengan Sri Mulyani

Joko Widodo dan Rizal Ramli (ist)


intelijen – Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli siap berdebat soal utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Wah ini asyik, tolong diatur debat terbuka RR vs SMI di TV,” kata Rizal dalam akun twitternya, Kamis (26/4/2018).

Persoalan utang luar negeri Indonesia yang telah mencapai Rp 4.000 triliun dikritik banyak pihak. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan para pengkritik pemerintah beradu argumen soal utang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Kalau Menteri Keuangan Sri Mulyani dan ekonom-ekonom yang mengerti masalah makro juga saling beradu argumen didasari dengan angka-angka dengan basis data yang jelas, itu bagus. Tapi, kalau seorang ekonom makro kemudian yang satunya politikus, ya enggak mungkin sambung. Ini politikus, yang ini ekonom makro. Yang ini (hanya) berbicara, yang ini pakai angka-angka, ya enggak mungkin sambung,” ujar Jokowi dalam acara Mata Najwa, Rabu (25/4/2018) malam.

“Silakan, silakan, saling beradu argumen dengan menteri keuangan yang juga memiliki angka-angka,” tantang Jokowi.

Rizal Ramli mengutarakan, debat terbuka soal utang luar negeri antara dirinya dengan Sri Mulyani akan mencerahkan masyarakat.

“Akan ketahuan siapa yang manipulatif, dan merupakan bagian dari masalah,” pungkas Rizal.

Mengutip data Kementerian Keuangan, jumlah utang pemerintah akhir Februari 2018 melonjak 13,46 persen menjadi Rp4.035 triliun dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017 yang masih Rp3.556 triliun.(TS)

Share Button

Related Posts