February 17, 2019

Jadi Kandidat Moderator Debat Pilpres 2019, Netralitas Najwa Shihab Dipertanyakan

Joko Widodo dan Najwa Shihab (winnetnews)


intelijen – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun jadwal debat Pilpres 2019. Ada lima kali debat yang akan digelar KPU, yakni debat capres-cawapres, debat capres, debat cawapres, debat capres, dan debat capres-cawapres.

Sementara moderator debat belum ditetapkan oleh KPU. Sejumlah nama jurnalis dan presenter televisi kabarnya telah disetujui KPU. Di antaranya, Najwa Shihab, Alfito Deannova, Ira Koesno, Bayu Sutiyono dan Kania Sutisnawinata.

Terkait nama moderator yang disetujui KPU, juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno Andre Rosiade meminta KPU bijak dalam menentukan moderator debat capres-cawapres.

BPN Prabowo-Sandi meminta KPU mempertimbangkan ulang nama-nama presenter media televisi yang telah diketahui memiliki kecenderungan politik tertentu kepada salah satu paslon. “Sebaiknya nama-nama yang punya rekam jejak keberpihakan, di-skip,” kata Andre seperti dikutip cnnindonesia.com (28/12).

Di sisi lain, Juru Kampanye Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Eva Kusuma Sundari, menuding tim Prabowo-Sandiaga Uno terlalu paranoid terkait usulan moderator debat capres-cawapres yang dirilis oleh KPU.

“Tim sebelah ini paranoid dan merusak kepercayaan pada KPU. Orang itu harus percaya dulu sama KPU, sampai sekarang mereka [calon moderator] menunjukkan kenetralannya kok,” ujar Eva seperti dikutip cnnindonesia (28/12).

Pengamat politik Prijanto Rabbani memberikan catatan terkait daftar moderator debat Pilpres 2019 yang dirilis KPU. Secara khusus Direktur Centre for Strategic and Policy Studies (CSPC) ini menyorot presenter “Mata Najwa” Najwa Shihab sebagai kandidat moderator yang diragukan netralitasnya.

“Moderator Debat #Pilpres2019 sudah semestinya figur yang netral. Kalau Najwa Shihab sulit dikatakan netral. #iDeasRabbani @KPU_ID @Bawaslu_RI,” tulis Prijanto di akun Twitter @RabbaniProjects.

Seperti diketahui, nama putri pemikir Iskam Quraish Shihab ini sempat masuk bursa ketua timses Jokowi-Ma’ruf Amin. Namanya bersanding dengan sejumlah tokoh lain, seperti Erick Thohir.

Share Button

Related Posts