December 18, 2017

Israel Tembakkan 6 Rudal ke Situs Militer Suriah

Jet Tempur Israel.


intelijen – Israel dilaporkan telah meluncurkan serangan rudal terhadap sebuah fasilitas penelitian militer Suriah di pinggiran Kota Damaskus, hari Senin. Media Pemerintah Suriah menyebut, tiga dari enam rudal Israel ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara pasukan Presiden Bashar al-Assad.

“Pukul 11.30 siang, Senin, pertahanan udara Suriah menghadapi serangan rudal Israel di salah satu situs kami di pinggiran Kota Damaskus dan tiga dari target tersebut telah jatuh,” tulis kantor berita pemerintah, SANA, mengutip seorang sumber militer.

Pemerintah Assad mengecam Tel Aviv karena telah meluncurkan serangan yang berulang kali terhadap instalasi militer pemerintah Suriah untuk mengangkat semangat para teroris yang sudah jatuh.

Seorang saksi mata mengatakan kepada Reuters, Selasa (5/12/2017) bahwa tiga ledakan kuat terdengar di dekat Desa Jamraya, sekitar 5 kilometer (3 mil) barat laut Kota Damaskus. Asap juga diduga terlihat mengepul di atas area tersebut.

Serangan di Jamraya, yang diduga dilakukan oleh pesawat tempur Israel, juga dikonfirmasi oleh Al Mayadeen News, media yang berafiliasi dengan Hizbullah Lebanon.

Jamraya dipercaya menjadi rumah bagi pusat riset teknologi militer rahasia Suriah yang didirikan pada 1980-an. Desa yang terletak di dekat perbatasan Lebanon ini juga merupakan rumah bagi Brigade Kepresidenan.

Tidak jelas apa yang diincar Israel dalam serangan rudal kemarin. Namun, desa tersebut pernah diserang Israel dua kali pada 2013.

Serangan pada hari Senin tersebut terjadi setelah Angkatan Bersenjata Israel meluncurkan beberapa rudal di sebuah gudang amunisi Tentara Suriah, yang terletak di antara Kota Kiswah (Kesweh) dan Sahnaya pada hari Jumat pekan lalu.

Sedikitnya 10 bangunan dilaporkan hancur akibat serangan udara di dekat Kiswah. Serangan itu diduga menargetkan sebuah pangkalan militer Iran yang sedang dibangun di Suriah. Dugaan itu diperkuat oleh foto satelit yang disediakan oleh perusahaan satelit Israel, ImageSat International, pada Senin kemarin.

Sementara itu, Israel belum mengeluarkan komentar mengenai laporan serangan terbarunya ke wilayah Israel. Militer negara Yahudi itu sudah lama menuduh Iran mencoba mendirikan pijakan militer di Suriah dan mempersenjatai Hizbullah di Lebanon.

Bulan lalu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuduh Teheran merencanakan untuk menghancurkan Israel dari Suriah. Dia pun bersumpah tidak akan membiarkan Iran melakukan hal itu.

Share Button

Related Posts