January 16, 2019

Israel Tembaki Hizbullah Lebanon, Netanyahu Beri Tahu Putin

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (ist)


intelijen – Militer Israel menembaki para militan Hizbullah Lebanon yang dituduh sedang mencoba menggali terowongan di perbatasan kedua negara, pada hari Sabtu. Pada hari itu pula, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memberi tahu Presiden Rusia Vladimir Putin tentang Operation Northern Shield oleh militer Tel Aviv.

Pemimpin negara mayoritas Yahudi itu mengatakan kepada Putin bahwa militernya tidak akan menoleransi ancaman Hizbullah di sepanjang perbatasan utara Israel.

“Netanyahu mengulangi kembali kebijakan Israel untuk mencegah pembentukan kehadiran Iran di Suriah dan untuk bertindak melawan agresi Iran serta Hizbullah,” kata Netanyahu yang dikutip Kantor PM Israel, usai percakapan kedua pemimpin.

“Keduanya sepakat bahwa delegasi keamanan dari kedua negara akan segera bertemu dan bahwa pertemuan antara para pemimpin akan dikoordinasikan,” lanjut kantor tersebut yang dikutip Jerusalem Post, Minggu (12/9/2018).

Sebelumnya diberitakan bahwa militer Israel menembaki para militan Hizbullah Lebanon di perbatasan kedua negara. Para militan sekutu Iran itu dituduh Tel Aviv sedang menggali terowongan yang akan digunakan untuk menyerang Israel.

Tembakan itu merupakan yang pertama kali diletuskan militer Tel Aviv di sepanjang perbatasan kedua negara sejak IDF meluncurkan Operation Northern Shield (Operasi Perisai Utara) di sepanjang sisi perbatasan untuk menghancurkan terowongan Hizbullah.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan rentetan tembakan yang dilepaskan pada hari Sabtu tersebut sebagai peringatan.

“Siapa pun yang memasuki terowongan dari sisi Lebanon hidupnya berisiko,” kata juru bicara IDF Brigadir Jenderal Ronen Manelis.

Manelis mengatakan, pasukan IDF tiga orang yang mencurigakan yang mencoba mendekati wilayah perbatasan untuk menggali terowongan.

“Pasukan menembaki para tersangka sesuai aturan,” kata Manelis. Menurutnya, orang-orang itu yang telah mengambil keuntungan dari cuaca buruk untuk mencoba mencuri peralatan IDF sudah melarikan diri.

IDF percaya ketiga orang itu anggota Hizbullah. Menurut IDF, pasukan Tentara Nasional Lebanon juga melepaskan tembakan ke area patroli mereka di saat kabut tebal melanda. IDF mengklaim pasukan Lebanon beroperasi untuk melawan Hizbullah.

Share Button

Related Posts