August 20, 2018

Israel Menarik Diri dari Pencalonan Anggota Dewan Keamanan PBB

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB)


intelijen – Israel menarik diri dari pencalonan untuk kursi Dewan Keamanan (DK) PBB periode 2019-2020. Langkah itu diambil setelah negara-negara Arab di PBB melakukan kampanye untuk memblokir pencalonan negara Zionis itu.

Keputusan itu memberikan jalan bagi Jerman dan Belgia untuk mengambil jatah dua kursi yang tersedia untuk negara-negara Eropa Barat dan kelompok lain ketika Majelis Umum menggelar pemilihan bulan depan.

“Setelah berkonsultasi dengan mitra kami, termasuk teman-teman baik kami, negara Israel telah memutuskan untuk menunda pencalonannya untuk mendapatkan kursi di Dewan Keamanan,” bunyi sebuah pernyataan dari misi Israel di PBB seperti dikutip dari AFP, Sabtu (5/5/2018).

Pencalonan ini sejatinya adalah upaya pertama Israel untuk memenangkan kursi di dewan yang beranggotakan 15 negara tersebut.

Menteri luar negeri Palestina Riyad al-Maliki bulan lalu mengatakan bahwa negara-negara Arab akan melakukan segala kemungkinan untuk meyakinkan sebanyak mungkin negara untuk memblokir pemungutan suara pada pencalonan Israel untuk duduk di Dewan Keamanan.

Afrika Selatan dan Republik Dominika telah ditetapkan untuk memenangkan dua dari lima kursi yang tersedia. Sedangkan Indonesia dan Maladewa akan bersaing untuk satu kursi mewakili kelompok negara Asia-Pasifik.

Dewan Keamanan terdiri dari lima negara anggota tetap yaitu Inggris, Cina, Prancis, Rusia dan Amerika Serikat, sementara sepuluh kursi lainnya diisi oleh anggota terpilih yang menjalani tugas selama dua tahun.

Share Button

Related Posts