October 17, 2018

Israel: Kami Tidak Akan Biarkan Iran Perkuat Posisi di Suriah

Menlu Israel, Avigdor Lieberman (ist)


intelijen – Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman menegaskan kembali bahwa Israel tidak akan mengizinkan Iran untuk memperkuat posisinya di Suriah, terlebih untuk membangun basis militer di negara itu.

“Apa masalah kita dan apa yang tidak akan kita izinkan adalah bagi orang Iran untuk mendirikan basis di Suriah untuk melawan Israel,” kata Lieberman, dan menyatakan Israel tidak mengejar kebijakan untuk terlibat dalam krisis Suriah.

Lieberman menyatakan, Israel tidak akan mempermasalahkan jika Iran memiliki hubungan dagang di Suriah, atau bahkan menyeludupkan narkoba ke negara itu. Namun, jika membangun basis militer, maka hal itu akan menjadi masalah, karena dapat mengancam keamanan Israel.

“Penyelundupan obat-obatan atau memiliki beberapa bisnis, bahkan jika mereka memilikinya dalam kapasitas penasehat, adalah cerita lain. Tetapi untuk mendirikan pangkalan militer adalah masalah lain,” ungkapnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (29/4).

“Sebuah pangkalan atau pusat angkatan laut atau beberapa pangkalan untuk operasi darat mereka yang tidak akan kami izinkan. Saya pikir itu juga posisi yang kami jelaskan kepada semua orang di dunia. Kami memiliki kemauan politik dan tekad untuk melindungi diri kami sendiri,” sambungnya.

Menanggapi pertanyaan apakah Israel akan menyerang Iran jika Teheran menampilan ancaman serius kepada Tel Aviv, ia mencatat bahwa Israel tidak akan ragu dan akan menghancurkan semua pos militer Iran di Suriah yang mengancam Israel.

“Israel tidak ingin perang, tetapi jika Iran menyerang Tel Aviv, Israel juga akan menghantam Teheran,” ungkapnya, dengan mengatakan dia berharap orang Iran akan cukup pintar untuk tidak memprovokasi Israel dan memicu konflik baru.

Share Button

Related Posts