October 20, 2018

Iran bersumpah akan memerangi militan ISIS di Irak

Presiden Iran Hassan Rouhani


Intelijen – Presiden Iran Hassan Rouhani bersumpah akan memerangi “kekerasan dan terorisme” dilakukan kelompok bersenjata dari Islam Sunni, yang telah melancarkan serangan antipemerintah di negara tetangga mereka Irak. Iran merupakan negara didominasi muslim Syiah.

“Ini adalah ekstremis, kelompok teroris yang bertindak kejam,” kata Rouhani saat siaran langsung di televisi negara, seperti dilansir stasiun televisi Aljazeera, Kamis (12/6).

Namun, Rouhani tidak merinci langkah apa akan diambil Iran untuk membantu menggagalkan upaya dari para militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk menuju Ibu Kota Baghdad, setelah berhasil merebut beberapa kota di utara Irak.

Rouhani mengatakan dia akan menuju ke pertemuan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran segera setelah pidatonya itu.

Badan itu berfungsi untuk memutuskan kebijakan utama luar negeri Iran, dan akan menyetujui setiap dukungan militer Teheran yang kemungkinan ingin diberikan kepada Baghdad.

“Untuk bagian kita, sebagai pemerintah Republik Islam Iran, kami akan memerangi kekerasan, ekstremisme dan terorisme di kawasan dan dunia,” ucap Rouhani.

Rouhani berbicara di saat kelompok bersenjata ISIS kemarin merebut sejumlah kota di dekat Baghdad, setelah serangan kilat dimulai di Provinsi Niniwe pada Senin malam waktu setempat.

Iran dipandang sebagai sekutu Perdana Menteri Irak, Nuri al-Maliki, yang juga seorang Syiah.

Dua hari lalu, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, telah mengutuk “pembunuhan warga Irak” saat dia menawarkan dukungan untuk Baghdad terhadap apa yang disebutnya sebagai tindak terorisme.

ISIL saat ini juga berjuang untuk menggulingkan sekutu dekat Teheran, Presiden Basyar al-Assad di Suriah.

Sumber: Merdeka

Share Button

Related Posts



Article Tags