May 26, 2018

Iran Bakal Balas Serangan Israel di Suriah

Israel dan Iran


intelijen – Teheran akan menjawab pada waktu dan tempat yang tepat serangan rudal Israel yang diklaim menewaskan beberapa tentara Iran di Suriah. Hal itu diungkapkan oleh pejabat senior Iran, Alaeddin Boroujerdi.

Boroujerdi adalah orang pertama yang secara langsung menangani serangan Minggu malam di pos-pos terdepan di Suriah utara, yang secara luas diyakini telah dilakukan oleh Israel.

Sebuah kelompok pemantau perang dan kantor berita Iran mengatakan serangan itu menewaskan lebih dari selusin pejuang pro-pemerintah Suriah, kebanyakan dari mereka adalah orang Iran.

“Agresi entitas Zionis terhadap kehadiran penasihat militer kami di Suriah memberi kami hak untuk menanggapi di tempat dan waktu yang tepat,” kata Boroujerdi pada konferensi pers di Ibu Kota Suriah, Damaskus, seperti dikutip dari Washington Post, Rabu (2/5/2018).

Serangan Minggu malam di Suriah menimbulkan ketegangan yang melonjak antara Israel dan Iran. Israel diyakini berada di belakang beberapa serangan terkait posisi Iran di Suriah pada tahun lalu, meskipun pemerintah Israel biasanya tidak mengkonfirmasi atau menyangkal serangan tersebut.

Sebagaimana diketahui Iran adalah sekutu penting Presiden Suriah Bashar Assad dan telah mengirim ribuan pejuang ke Suriah untuk mendukung pasukannya dalam perang sipil tujuh tahun.

Boroujerdi bertemu dengan Assad di Damaskus pada awal pekan ini. Ketua Komite Keamanan Nasional Parlemen Iran ini memuji apa yang disebutnya “kemenangan penting” dalam pertempuran bersama mereka.

Pada hari Senin, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan saat-saat di mana musuh-musuh Iran dapat “memukul dan berlari” berakhir.

Share Button

Related Posts