March 24, 2019

Iran Abadikan Penangkapan Pelaut AS sebagai Tontonan Turis



intelijen – Tak puas dengan hanya pamer ke dunia internasional soal penangkapan 10 personel US Navy atau Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS), Iran akan badikan momen aib Negeri Paman Sam itu sebagai tontonan turis.

Sebagaimana diketahui, pada Januari 2016 lalu, Garda Revolusi Iran menahan 10 pelaut AS setelah dianggap melanggar kedaulatan Negeri Persia tersebut.

Beragam foto pun bermunculan, mulai dari para pelaut AS yang berlutut saat ditahan, hingga foto-foto memalukan di dalam sel penahanan.

10 pelaut yang terdiri dari sembilan personel pria dan satu personel wanita AL AS itu, akhirnya dibebaskan sehari setelahnya, pasca-Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, John Kerry, berulang kali mengontak Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif.

Namun dalam dalam waktu dekat, Garda Revolusi Iran akan mengabadikan salah satu foto yang menurut mereka paling fenomenal, untuk kemudian diabadikan menjadi sebuah monumen agar bisa jadi tontonan turis.

“Ada banyak foto dari insiden besar, terkait penahanan pelaut AS di Teluk Persia di sejumlah media,” ujar Panglima AL Garda Revolusi Iran, Laksamana Muda Ali Fadavi.

“Kami berniat untuk membangun sebuah simbol tentang penahanan mereka menjadi salah satu monumen AL kami,” tambahnya, dilansir Sputnik, Senin (21/3/2016). (Okezone)

Share Button

Related Posts