May 29, 2017

Intel AS Beberkan Info Rusia Miliki Informasi Soal Trump

Donald Trump


intelijen – Presiden Obama dan Presiden Terpilih Donald Trump menerima dokumen rahasia tentang dugaan mata-mata Rusia yang mengklaim memiliki informasi keuangan dan perbuatan tak senonoh Donald Trump.

Informasi ini diperoleh oleh CNN dari sejumlah pejabat Amerika Serikat yang mengetahui langsung pertemuan tersebut.

Tuduhan ini dibeberkan dalam dua lembar ringkasan yang menjadi lampiran dalam laporan keterlibatan Rusia dalam pilpres AS 2016.

CNN melaporkan bahwa sebagian tudingan itu berasal dari memo yang dikumpulkan oleh seorang mantan mata-mata Inggris yang dianggap memiliki jejak rekam gemilang di dunia intelijen.

Badan Penyelidik Federal (FBI) kini tengah menyelidiki akurasi dan kebenaran tuduhan yang dibuat hanya berdasarkan informasi dari sumber-sumber Rusia, tetapi belum mengkonfirmasi rincian-rincian tudingan terhadap Donald Trump.

Penjabaran dokumen rahasia ini dilakukan minggu lalu oleh Direktur Badan Intelijen Nasional James Clapper, Direktur FBI James Comey, Direktur CIA John Brennan dan Direktur NSA Mike Rogers.

Sumber CNN mengatakan, salah satu alasan para direktur itu melaporkan ringkasan dokumen yang tidak biasa ini adalah untuk memberi tahu Presiden Terpilih Donald Trump bahwa ada tudingan terhadap dirinya. Tudingan itu diduga beredar di jajaran badan-badan intelijen, anggota Kongres AS dan pejabat pemerintah negara tersebut.

Para direktur badan intelijen yang bertemu dengan Obama dan Trump itu juga memasukkan ringkasan laporan bahwa Rusia telah mengumpulkan informasi yang bisa merusak kedua partai AS, tetapi baru merilis informasi yang menghancurkan Hillary Clinton dan Partai Demokrat.

Dalam laporan CNN disebutkan bahwa ringkasan laporan itu bukan bagian dari laporan resmi dari komunitas intelijen mengenai aksi retas oleh Rusia. Namun, sejumlah pejabat mengatakan hal itu semakin memperkuat bukti bahwa Moskow memang berniat menghancurkan upaya Clinton menjadi presiden dan membantu Trump memenangkan pemilu.

Share Button

Related Posts



Article Tags