October 17, 2018

Instagram Akan Saring Komentar Bullying ke Pengguna

Instagram


intelijen – Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram terus memperbaiki beragam fitur yang ada di dalam platform-nya. Terbaru, media sosial itu akan menyaring komentar bernada perundungan (bullying) yang ditujukan untuk menjatuhkan atau membuat marah pengguna.

Fitur ini hadir setelah tahun lalu Instagram memungkinkan pengguna menyaring kata-kata yang dianggap menyinggung. Jadi, komentar yang dianggap buruk secara otomatis akan disembunyikan.

Dikutip dari situs resmi Instagram, Rabu (2/5/2018), fitur filter ini akan menyembunyikan komentar yang menyerang karakter seseorang. Tak hanya itu, komentar yang mengancam juga tak akan ditampilkan.

“Filter bullying ini hadir untuk komunitas global kami dan dapat dimatikan di pusat Comment Controls yang ada di aplikasi,” tulis Co-Founder dan CEO Instagram Kevin Systrom.

Systrom juga menyebut akan memperluas kebijakan Instagram dalam melawan perundungan untuk figur publik remaja. Hal ini dilakukan agar dapat melindungi anggota komunitas muda dalam mengekspresikan dirinya.

Sebelumnya, Instagram mengumumkan kampanye bertajuk ‘Komen Baik’ di Indonesia tahun lalu. Langkah ini hadir untuk melawan cyberbullying yang kian merak terjadi.

Ketika itu, Instagram merilis tool baru yang dapat digunakan oleh pengguna. Menurut Director of Community Instagram, Amanda Kelso, tool ini memperkenankan pengguna mengontrol komentar negatif pada unggahannya, mulai dari akun pribadi hingga grup tertentu.

“Pengguna bisa memilih siapa pun yang bisa mengomentari posting-an, baik yang mereka ikuti atau pengikut mereka,” tutur Amanda. Menariknya, tool ini bisa digunakan semua pengguna akun, baik itu privat atau publik.

Share Button

Related Posts