October 24, 2018

Ini Deretan Password yang Paling Rentan Diretas Sepanjang 2017

ilustrasi


intelijen – Perusahaan penyedia aplikasi password, Dashlane, baru saja merilis daftar password yang sering digunakan dan rentan diretas sepanjang 2017. Bahkan, beberapa di antaranya sangat mudah ditebak.

Dalam sebuah studi yang dikutip laman Mirror, Kamis (24/5/2018), dengan bantuan dari lembaga Virginia Tech, peneliti mengungkap ada lebih dari 61 juta password yang mudah diretas.

Analisis peneliti mengungkap, password yang sering rentan diretas terdiri dari kata sandi yang tersusun dari huruf alfabetikal dan angka secara urut.

“Sulit bagi manusia untuk bisa menghafal password yang susunannya kompleks. Maka itu, mereka lebih memilih password yang tersusun secara mudah. Padahal, ini berbahaya,” ujar Gang Wang, peneliti dari Virginia Tech.

“Jika sudah demikian, password yang mudah itu akan bisa ditemukan dengan cepat oleh hacker. Mereka akan memanfaatkan celah ini sebagai alat untuk meretas akun pemiliknya,” tambahnya menjelaskan.

Wang juga mengungkap sejumlah password yang paling mudah dibobol sepanjang 2017. Di antaranya seperti “qwerty”, “123456”, serta password kombinasi seperti “1q2w3e4r” dan “zaq12wsx”.

Selain itu, password dengan kata bernada agresif dan vulgar ternyata juga mudah diretas. Adapun beberapa di antaranya seperti “iloveyou”, “f*ckyou”, “ihateyou”, dan “bullsh*t”.

Password Lain

Sementara, password yang berhubungan dengan sebuah merek, film, media sosial, ternyata juga sering dipakai. Beberapa di antaranya, seperti “myspace”, “linkedin”, “playboy”, “cocacola”, “superman”, “pokemon”, dan “starwars”.

Ada juga password yang digunakan dengan nama klub sepak bola, seperti “arsenal”, “liverpool” dan “chelsea” .

Cara Menciptakan Password yang Rumit

Dashlane pun menawarkan tips agar pengguna bisa menciptakan kombinasi password yang rumit tetapi mudah diingat. Berikut caranya.

– Gunakan kombinasi password unik untuk setiap akun
– Ciptakan password minimal delapan karakter
– Ciptakan password dengan kombinasi huruf case-sensitive, nomor, serta simbol khusus
– Hindari menggunakan password yang mudah, seperti menggunakan kata tertentu, bahasa slang, nama tempat, nama orang
– Jangan pernah gunakan koneksi Wi-Fi saat melakukan log in dengan password

Share Button

Related Posts