November 15, 2018

Inggris Siapkan Jet Tempur Cegat Pesawat Militer Rusia

Jet tempur Typhoon Inggris mencegat pesawat pembom milik Tu-160 Blackjack milik Rusia. | (Mirror)


intelijen – Sejumlah jet tempur Inggris dikerahkan untuk mencegat pesawat tempur Rusia yang mencurigakan. Pesawat tempur Rusia itu terdeteksi terbang di dekat wilayah udara Inggris.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (1/11/2018), pengerahan jet tempur Inggris untuk mencegat pesawat Rusia ini dilakukan pada Rabu (31/10) waktu setempat.

“Jet-jet tempur Typhoon … dikerahkan hari ini sebagai langkah pencegahan terhadap potensi invasi ke dalam area kepentingan Inggris oleh satu atau lebih pesawat tak teridentifikasi,” demikian pernyataan juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

“Tidak ada ancaman bagi wilayah udara Inggris,” imbuh juru bicara tersebut.

Diketahui bahwa Inggris secara rutin memantau pesawat-pesawat militer Rusia yang mengudara di dekat wilayah udara mereka. Tak jarang, jet-jet tempur milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dikerahkan untuk mencegat pesawat-pesawat militer asing tersebut.

Salah satunya dalam insiden bulan lalu, ketika jet tempur RAF dikerahkan untuk mencegat pesawat udara yang terbang di atas Laut Utara.

Menteri Negara untuk Angkatan Bersenjata Inggris, Mark Lancaster, membahas soal ‘Rusia yang jauh lebih asertif’ dalam sebuah acara di London pada Juli lalu. Disebutkan Lancaster bahwa RAF harus mengerahkan jet tempur mereka lebih dari 80 kali dalam satu dekade terakhir untuk mencegat pesawat militer Rusia.

Share Button

Related Posts