March 27, 2019

Indonesia Pesan Tiga Kapal Selam Baru dari Korea Selatan

KRI Cakra, kapal selam RI buatan 1980-an (Foto: Istimewa)


KRI Cakra (Foto: Istimewa)

INTELIJEN.co.id – Indonesia telah memesan tiga kapal selam tiga merek baru dari sebuah perusahaan pembuat kapal Korea Selatan, untuk  menambah dua armada kapal selam yang sekarang dimiliki TNI Angkatan Laut.

Kontrak pemesanan ditandatangani oleh kementerian pertahanan dan Daewoo Shipbuilding Marine Engineering (DSME) di Jakarta, Selasa, 21 Desember 2011, senilai 1,07 miliar dolar AS, nilai kontrak pertahanan terbesar yang diberikan kepada sebuah perusahaan Korea Selatan.

Pembangunan kapal selam tersebut dijadwalkan akan dimulai pada Januari tahun 2012 di bawah skema transfer teknologi antara Indonesia dan Korea Selatan.

Dua kapal selam akan dibangun di Korea Selatan, untuk mempersiapkan tenaga-tenaga Indonesia menjalankan pembuatan di dalam negeri. Sementara satu kapal selam lagi akan dibangun di basis PT PAL di Surabaya, Jawa Timur.

Juru bicara kementerian pertahanan, Hartin Asrind mengatakan bahwa pengiriman kapal selam baru diharapkan berlangsung pada tahun 2015 dan 2016.

Kapal selam baru produk KOrea Selatan ini memeiliki panjang 61,3 meter dengan bobot 1.400 ton, dan membutuhkan sampai 40 kru untuk mengoperasikannya. Kapal selam dilengkapi dengan delapan silo untuk meluncurkan peluru kendali atau torpedo.

Pemesanan tiga kapal selam dari Korea itu, akan melengkapi sekaligus untuk mengejar ketertinggalan perkembangan teknologi kapal selam yang sekarang dimiliki TNI Angkatan Laut, KRI cakra dan KRI Nenggala, yang diproduksi dengan teknologi dari 80-an.

Juru bicara TNI Angkatan Laut, Untung Surapati, mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan 14 sampai 18 kapal selam pada kekuatan esensial untuk memantau wilayah perairan yang luas di negeri ini.

Share Button