December 11, 2018

Indonesia, negara nomor satu dunia dengan sisi IT paling rawan

Data TER


Intelijen – Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang juga mengandalkan sisi teknologi dan internet dalam pertumbuhannya. Namun ada sisi miris dari bagian IT yang dimiliki Indonesia.

Walaupun Indonesia kabarnya memiliki banyak sekali orang-orang yang pintar akan teknologi, namun menurut survei yang dilakukan oleh Sophos pada tahun 2013 lalu dan dilansir oleh SharingVision, mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara nomor satu dunia yang rentan terhadap serangan dalam sisi IT.

Dalam hal ini, Sophos menggunakan rata-rata TER (Threat Exposure Rate) atau pengukuran persentase PC yang terkena serangan (baik yang gagal atau juga yang berhasil masuk) dalam periode 3 bulan.

Dari data TER tersebut, Indonesia menduduki peringkat pertama dunia dengan persentase sebesar 23,54 persen. Sedangkan di ukuran kedua adalah China dengan 21,26 persen.

Dari data tersebut menunjukkan tingkat kerentanan sisi teknologi di Indonesia masih perlu dibenahi karena bukannya tidka mungkin ketika era semakin maju dan kejahatan dunia maya semakin merajalela, maka akan sangat sulit dan dapat dikatakan terlambat apabila harus menanggulanginya secara langsung pada saat itu.

Mungkin apabila diibaratkan sebuah pepatah, saran untuk semua pihak yang bergelut dalam bidang IT ini adalah “Sedia payung sebelum hujan.”

Sumber: Merdeka

Share Button

Related Posts