November 18, 2017

India-Rusia Gelar Latihan Militer Tiga Matra

Pesawat jet bomber Su-25 Rusia.


intelijen – India dan Rusia pada 19-29 Oktober 2017 akan menggelar latihan militer berskala besar yang melibatkan angkatan darat, laut dan udara mereka untuk pertama kalinya, kata Kementerian Pertahanan di New Delhi, Senin (16/10).

Kedua negara sudah menggelar latihan militer angkatan laut tahunan sejak 2003, namun ini kesempatan pertama keduanya akan menggabungkan semua angkatan militer.

Latihan tersebut dilakukan menyusul ketegangan regional, dengan New Delhi dan Tiongkok mengakhiri bentrokan militer selama berbulan-bulan di sebuah wilayah sengketa strategis di Himalaya pada Agustus.

India terlibat sengketa teritorial dengan negara tetangganya di sebelah utara, yang juga meningkatkan kehadiran angkatan lautnya.

Latihan militer gabungan tersebut akan dimulai di distrik militer di Rusia timur, kata kementerian dalam sebuah pernyataan.

“2017 menandai tonggak sejarah besar karena latihan militer ini ditingkatkan untuk melibatkan semua tiga angkatan bersenjata (Angkatan Darat, Laut dan Udara),” menurut pernyataan tersebut.

Latihan perang itu “akan memberikan kesempatan kepada angkatan bersenjata kedua negara untuk berlatih dalam operasi kontraterorisme dalam skenario multinasional di lingkungan gabungan tiga angkatan bersenjata.”

India akan mengirimkan 350 personel dari angkatan darat dan 80 dari angkatan udara serta perangkat keras militer termasuk dua pesawat dan sebuah fregat. Sementara itu Rusia akan melibatkan sekitar 1.000 tentara, demikian AFP.
Penerjemah: Gilang Galiartha

Share Button

Related Posts



Article Tags