October 23, 2018

ICW Sarankan Jokowi Libatkan KPK Cek Rekam jejak Bakal Cawapresnya

Joko Widodo (fakta)


intelijen – Presiden Jokowi menyebut empat tokoh berpeluang menjadi bakal cawapresnya di Pilpres 2019 mendatang. Empat tersebut yaitu Mantan Ketua MK Mahfud MD, Gubernur NTB TGB Zainul Majdi, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Namun demikian belum diketahui siapa yang paling berpeluang besar digaet Jokowi menjadi cawapres. Peneliti Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz menyampaikan, pada periode 2014-2019, Presiden Jokowi masih memiliki kekurangan dalam isu penegakan hukum.

Untuk menutup celah kekurangan itu, Jokowi disarankan memilih figur yang rekam jejaknya bersih. Bebas pelanggaran hukum khususnya dugaan korupsi.

“Harus diseleksi dari aspek integritas sebab Jokowi kan kurang dalam sisi hukum, maka penting cari calon wakil presiden yang punya kapasitas menutupi itu,” kata Donal saat dihubungi awak media, Senin, 16 Juli 2018.

Donal menyampaikan, akan lebih baik lagi jika Jokowi menyerahkan nama bakal cawapresnya untuk dicek KPK. Tujuannya agar dirinya tak salah memilih orang yang berpotensi tersandera masalah hukum.

“Tidak hanya soal bagaimana nanti di kampanye, tapi soal jalannya pemerintahan itu yang paling penting nantinya. Rekam jejak itu tentu harus jadi pertimbangan,” ungkapnya.

Saat ini, menurut Donal, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dinilai salah satu yang cocok menjadi calon wakil presiden untuk Jokowi pada Pilpres 2019.

“Saya berpikir dan berani untuk mencoba untuk menawarkan nama yang ideal, Profesor Mahfud,” ungkap Donal seperti dilansir dari Jawapos.com

Dia menilai, Mahfud memenuhi tiga syarat ideal menjadi cawapres, yakni bersih dan negarawan karena pernah menjadi Ketua MK, memiliki visi penegakan hukum dan demokrasi yang kuat, serta konsisten karena merupakan Guru Besar Hukum.

“Jadi Mahfud ini berani melawan mafia hukum dan mafia bisnis,” kata dia.

Sumber: Jawa Pos

Share Button

Related Posts