October 17, 2018

AS Hargai Kepala Komandan Abu Sayyaf US 500 Ribu

Khair Mundos alias Abu Ayman (IST)


Intelijen – Khair Mundos adalah komandan pengganas miliatan Islam yang paling dicari pemerintah AS karena berkali-kali mendapat kiriman dana dari al-Qaeda untuk membiaya sejumlah pengeboman di Filipina.

Pasukan kemanan Filipina, Rabu kemarin (11/6/2014) menangkap komandan kelompok penggaanas Abu Sayyaf itu di daerah kumuh dekat Bandara Internasional Manila.

AS pada 2009 menawarkan ganjaran sebesar US$ 500 .000 bagi siapa saja yang bisa membunuh atau menangkap Khair Mundos. Menurut AS, Mundos bekerja sebagai bos keuangan Abu Sayyaf, tulis Philippine Daily Inquirer, Kamis (12/6/2014). Ia termasuk teroris yang paling dicari oleh Filipina maupun AS.

Senior Superintendent Roberto Fajardo, kepala Grup Deteksi dan Penyelidikan Kriminal Kepolisian Nasional Filipina mengatakan, Mundos ditangkap oleh angkatan darat dan kepolisian di sebuah rumah milik kerabatnya di Paranaque City, dekat bandara Manila, pada 09:30. Namun Fajardo menampik spekulasi keberadaan Mundos di Manila dalam rangka melakukan aksi pengeboman dan mengacaukan perayaan hari kemerdekaan Filipina pada Kami ini.

Fajardo mengatakan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Lokal pernah menawarkan ganjaran sebesar US$ 27.000 (1,2 juta peso Filipina) untuk penangkapan Mundos. Kemudian ganjaran itu naik menjadi 5 juta peso setelah Mundos kabur dilarikan kawanan Abu Sayyaf dari penjara pada 2007.

“Mundos kabur ke Metro Manila karena pihak berwenang di Mindanao keras dan sedang mengejarnya,” ujar Fajardo.

“Kami baru selesai menyiapkan surat perintah penangkapannya. Kita menangkapnya sehari sebelum perayaan Hari Kemerdekaan Filipina,” tambah Fajardo.

Penangkapan Khair Mundos, yang nama pengganasnya Abu Ayman, adalah hasil pengamatan Intelijen Pasukann Keamanan di Angkatan Darat dan CIDG selama dua bulan. Mundos dikejar karena keterlibatannya dalam pengeboman dan penculikan di Mindanao.

Sumber: Inilah

 

 

 

Share Button

Related Posts