October 24, 2018

Hadiri Persiapan Debat Ketiga, Sudrajat-Syaikhu Lebih Siap

Sudrajat-Ahmad Syaikhu


intelijen – Rapat persiapan debat ketiga Pilgub Jabar Rabu (23/5/2018) dihadiri perwakilan empat pasangan calon peserta pesta demokrasi lima tahunan itu. Namun, dari keempat pasangan calon, hanya Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang kompak datang ke rapat tersebut.

Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) hanya diwakili Uu. Cagub Ridwan Kamil masih melakukan safari politiknya di Kabupaten Bekasi. Begitu juga Hasanah, diwakili Anton Charliyan. Pasangannya, cagub Tb Hasanuddin berada di Kabupaten Cirebon. Paslon nomor urut empat hanya diwakili tim kampanye Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, kedatangan Sudrajat-Syaikhu ke rapat bersama KPU untuk membahas persiapan debat ketiga Pilgub Jabar tersebut bukan sekadar menunjukkan kekompakan mereka. Namun, kata Hendri, pasangan tersebut lebih siap dan komit.

“Oh bukan tentang kompak, Asyik lebih siap dan komit. Pasangan Asyik ingin menjadi panutan calon yang lain juga untuk menghargai KPUD dalam proses pemilihan ini,” kata Hendri saat dihubungi, Kamis (24/5/2018).

Terkait persiapan debat ketiga pada 22 Juni nanti, Hendri menyarankan pasangan Asyik untuk tetap membuat kejutan. Pasalnya, kata dia, hal tersebut akan membedakan Asyik dengan pasangan lain di Pilgub Jabar.

“Kejutan itu harus ada, untuk diferensiasi antarpasangan. Saya yakin akan banyak kejutan di debat ketiga bukan hanya dari Asyik tapi juga dari pasangan lain,” tandas Hendri.

Sebelumnya, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, pengalaman debat publik kedua menjadi pelajaran yang berharga, karena semangat persaudaraan tetap terjaga meski ada sedikit ketegangan. “Saya merasa reugreug (tenang), karena konsep wisata politik masih relevan,” katanya.

Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman menyebut suasana Jabar yang kondusif tidak terlepas dari peran para pasangan calon (paslon). Mereka dinilai mampu menjaga silaturahmi dan menanamkan pemahaman yang baik kepada para pendukungnya. “Jangan karena pilkada, semua tidak bertegur sapa,” ujarnya.

 
Red

Share Button

Related Posts