October 17, 2018

“Hacker” Serang Situs Sponsor Piala Dunia

Ilustrasi


Intelijen – Sejumlah situs web yang berafiliasi dengan penyelenggaraan Piala Dunia menjadi sasaran peretas. Beberapa di antaranya adalah situs pemerintah dan situs milik mitra resmi Piala Dunia Brasil.

Seperti dilaporkan Reuters, seorang peretas anggota kelompok Anonymous mengaku sebagai dalang serangan siber tersebut. Situs yang dibajak antara lain situs Hyundai, sponsor Piala Dunia, dan situs pemerintah negara bagian Mato Grosso, tempat akan dilangsungkannya laga Australia kontra Chile hari Jumat (13/6/2014) waktu setempat.

Para peretas menggunakan skema serangan DDoS. Mereka mengirimkan traffic luar biasa besarnya ke situs tersebut sehingga crash.

“Perusahaan dan institusi yang bekerja sama dengan pemerintah yang mengabaikan hak-hak asasi manusia demi mempromosikan ajang olah raga ekslusif dan penuh korupsi akan menjadi target serangan,” kata peretas yang berhasil dihubungi oleh Reuters.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apa motivasi dari serangan tersebut. Namun yang jelas, serangan tersebut sejalan dengan gerakan anti-Piala Dunia yang marak dan kerap menimbulkan bentrokan di Brasil.

 

 

Sumber: Suara

Share Button

Related Posts



Article Tags