October 23, 2018

Hack 13 Private Detective, Spesialis Tangani Soal Rumah Tangga

Ilustrasi (Foto: Istimewa)


Ilustrasi (Foto: Istimewa)

INTELIJEN.co.id – Keunggulan Hack 13 Private Detective di antara jasa detektif swasta lainnya, terletak pada kemampuan penyajian data yang diberikan pada klien. Selain itu, usaha yang digawangi I Made Sutrisna ini mempunyai tim yang berpengalaman dalam bidang penyelidikan, khususnya untuk mengungkap persoalan-persoalan dalam rumah tangga.

Di tengah hujatan berbagai acara infotainment di televisi, justru ada profesi yang mengorek rahasia rumah tangga seseorang. Biasanya klien meminta untuk mengawasi perselingkuhan atau yang berhubungan dengan privasi.

Itulah usaha yang dilakukan Hack 13 Private Detective. Usaha ini digawangi anak muda Bali I Made Sutrisna. Menurut Made, usaha ini pada awalnya berasal dari hobi dengan sering membantu teman-temannya yang meminta mengawasi pacarnya.

Setelah melihat ada peluang bisnis ini, ia pun mengajak tiga sahabatnya yang mempunyai hobi sama untuk mengembangkan bisnis ini. Bali sebagai tempat berkumpulnya seluruh warga dunia sangat potensial dalam menjalankan bisnis ini.

Kata Made, biasanya klien meminta mengawasi suami, istri ataupun saudara yang sedang berada di Pulau Dewata.

“Bisa jadi tim kami mengawasi target ke tempat hiburan atau dugem,” kata Made.

Walaupun dikelola anak muda, Hack 13 Private Detective sudah banyak mendapat kepercayaan dari beberapa klien.
“Mereka biasanya meminta menyelidiki anggota keluarganya yang berada di Bali,” ungkap Made.

Pria lulusan Administrasi Niaga Universitas Ngurah Rai ini, mengatakan, bahwa bisnis ini melibatkan teman-temannya yang bisa menjaga rahasia klien. Ia pun mengakui bisnis ini sedang booming di Bali.

Walaupun baru satu tahun berdiri, Hack 13 Private Detective,  sudah mendapat klien dari seorang ibu di Manado yang meminta menyelidiki kegiatan suaminya di Bali.

“Para klien mengetahui jasa ini biasanya dari internet atau mantan klien,” cerita Made.

Bagaimana sepak terjang mereka dalam menjalankan tugasnya? Biasanya pihak klien mengirimkan foto, alamat tinggal dan tempat kerja target melalui via email atau bertemu secara langsung.

Terkait biaya, pihak Hack 13 Private Detective, melakukan survei terlebih dulu, untuk melihat tingkat kesulitannya. Kata Made, dalam memberikan tarif lembaganya sangat rasional, tidak terlalu mahal dan menyelesaikan permasalahan klien secara cepat.

Untuk klien ibu dari Manado, Hack 13 Private Detective cuma mendapatkan data melalui email. Selanjutnya ia menyelidiki tempat tinggal, kerja maupun kebiasaan yang sering dilakukan target.

Penyelidikan dilakukan sangat rahasia, pihak target tidak akan mengetahui kalau sedang dalam pengawasan Hack 13 Private Detective. Untuk menghindari kecurigaan target, mereka dalam melakukan pengawasan selalu bergantian. Sebut saja, target bernama Chandra.

Penyelidikan

Pada awalnya anggota Hack 13 Private Detective mengawasi rumah Chandra. Pria berumur sekitar 45 tahun selalu berangkat ke kantor sekitar jam 7.30 pagi. Hari pertama penyelidikan, Chandra diketahui pergi ke tempat kerja seperti biasanya.

Makan siang pun, Chandra diawasi dan kebetulan ia makan di rumah makan Padang sebelah kantornya. Anggota Hack 13 Private Detective pun mengikuti. Untuk menghindari kecurigaan tempat duduk dengan target agak berjauhan.

Seperti biasanya, teman-teman Chandra pun ikut bergabung dan tidak ada yang mencurigakan. Walaupun ada beberapa teman wanita, itu pun hanya sebatas teman kantor.

Sore, menjelang pulang para pekerja kantoran, anggota Hack 13 Private Detective sudah siap mengawasi target. Kebetulan Chandra habis gajian, dan ia ke mall untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Tidak ada kecurigaan apapun, tapi setelah belanja, Chandra menyempatkan ke kafe yang berada di dalam mall. Tidak lama kemudian muncul wanita muda mendekatinya. Melihat situasi ini, anggota Hack 13 Private Detective masuk ke kafe tersebut.

Anggota Hack 13 Private Detective berpura-pura menghubungi seseorang lewat ponsel, tapi menggambil gambar dua manusia yang sedang dilanda asmara. Sebut saja Anton, anggota Hack 13 Private Detective.

Seharian Anton mengawasi target dan mendapatkan data yang cukup bagus. Ia pun melaporkan kerjanya ke Made. Nampak dari raut muka, Made puas dengan kerja yang dilakukan Anton.

“Kita mendapatkan data yang bagus adanya keterlibatan wanita tersebut,” sergah Made

“Ok bos, kita perlu menyelidiki wanita itu,” kata Anton.

Made pun menyetujui ide Anton untuk mengawasi wanita yang bersama Chandra waktu di kafe.

“Kamu harus bisa tahu informasi tentang wanita itu,” kata Made.

Hari berikutnya penyelidikan dilakukan Made sendiri, sedangkan anggota lainnya Hermawan mendapat tugas mengawasi si wanita. Jiwa detektif Made sudah terbangun sewaktu kuliah karena sering diminta bantuan temannya untuk menyelidiki pacar.

Selain itu, Made pun pernah aktif di pers mahasiswa dan sudah mendapat pelatihan investigasi. Kata Made kerjanya sekarang ini tidak ubahnya seperti wartawan yang melakukan investigasi.

“Kalau wartawan melakukan investigasi karena ada persoalan yang merugikan kepentingan publik. Sedangkan kerjaan sekarang ini, penyelidikan menyangkut persoalan rumah tangga seseorang,” ungkapnya.

Sore itu, Made dengan sepeda motor matiknya mengawasi keluarnya Chandra dari kantor. Mobil yang membawa Chandra meluncur ke mall. Dari belakang Made mengikuti mobil tersebut.

Ternyata Made menuju kafe, nampak beberapa teman termasuk wanita yang pernah diambil gambarnya oleh Anton ikut dalam pertemuan itu. Made pun masuk ke kafe dengan tempat duduknya lumayan dekat tapi terhalang pengunjung lainnya.

Dengan posisi seperti itu, Made tidak akan dicurigai. Dengan leluasa ia bisa mengambil gambar mereka. Waktu terus berjalan, nampak mereka ada perbincangan serius. Lantunan musik kafe membuat betah pengunjung.

Jam tangan Made menunjukkan pukul 9 malam, mereka bergegas meninggalkan kafe. Tidak lupa Chandra membayar tagihan dari pelayan kafe. Posisi Made masih di tempat duduknya, dan Chandra keluar kafe sambil menggandeng wanita itu.

Momentum ini pun tidak disia-siakan, ia pun mengambil gambar dua insan yang sedang kasmaran dengan ponsel yang mempunyai teknologi canggih.

Akhirnya mereka memasuki mobil. Made pun masih membututi mobil yang ditumpangi mereka berdua. Ternyata Made hanya mengantarkan wanita tersebut ke rumahnya. Sebelum memasuki gerbang rumahnya mereka saling berpelukan menandakan ada rasa kasih sayang.

Made pun mendapat laporan dari Anton sepak terjang wanita yang dicurigai sebagai selingkuhan Chandra. Dari beberapa data yang dikumpulkan menunjukkan Chandra dan wanita itu mempunyai hubungan khusus.

Pihak Hack 13 Private Detective pun mengirimkan data berupa foto-foto maupun keterangan terkait hubungan Chandra dan wanita tersebut.

“Kerja kami hanya memberikan data dan tidak mau mengurusi urusan selanjutnya,” ungkap Made.

Menurut Made kliennya merasa puas dengan hasil kerja Hack 13 Private Detective karena selalu disertai bukti.

“Kami tidak akan menambahi atau mengurangi. Melaporkan apa yang kami dapatkan di lapangan,” kata Made.

Informasi Lain

Perbicangan Made dengan INTELIJEN melalui telepon tidak akan ada habisnya. Bahkan dia menceritakan seni yang harus dikuasai adalah mengorek informasi dari berbagai sumber.

Termasuk tetangga, sopir, pembantu, atau pegawai di perusahaan target, merupakan pihak yang wajib didengar keterangannya. Tapi tidak tertutup kemungkinan segala ocehan yang muncul dari musuh-musuh target.  

Ia pun mengakui informasi juga didapat dari institusi pemerintah. Sistem administrasi di Bali umumnya amburadul merupakan keuntungan sekaligus kerugian bagi tim Hack 13 Private Detective.

“Keuntungannya, karena begitu kacau, banyak orang yang mempunyai akses, sehingga penyelidik relatif mudah melakukan pendekatan ke orang dalam untuk mendapat informasi, tapi kerugiannya banyak data yang ternyata tidak valid” ungkap Made.

“Seperti KTP dan Paspor, masyarakat mudah membuat kartu identitas diri dan malah tak sedikit yang memilikinya lebih dari satu dengan cara nembak,” katanya

Di sisi lain, kata Made, pendatang sering tidak bisa terlacak keberadaannya karena pindah-pindah tempat tinggal tanpa melapor. Persoalan-persoalan seperti inilah yang membuat pekerjaan sebagai detektif swasta menjadi semakin rumit.

Ia pun menyayangkan munculnya orang-orang tertentu yang menyebut detektif swasta, tapi sebenarnya penipu. Sudah terima uang muka dari klien, tapi malah kabur dan tidak bertanggungjawab.

Share Button