December 11, 2018

Google Digugat Ambil Jutaan Data Sensitif Pengguna iPhone

Google (ist)


intelijen – Google dilaporkan mengumpulkan jutaan data sensitif pengguna iPhone di Inggris secara ilegal. Kabarnya, ada sekitar 4,4 juta data pengguna iPhone yang diambil.

Sebagaimana dilansir Mirror, Selasa (22/5/2018), jutaan data pengguna iPhone tersebut diambil untuk dibagikan ke pihak pengiklan.

Akibatnya, raksasa teknologi yang bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat (AS) tersebut digugat atas dasar intervensi keamanan perangkat iPhone, dari Agustus 2011 hingga Februari 2012.

Adapun litigasi ini dibawa langsung oleh grup kampanye “Google You Owe Us” yang ingin membongkar upaya pengumpulan data itu. Corong penggugat grup ada di sang direktur, Richard Lloyd.

Dalam sidang gugatan pertama yang dihelat di London, pada Senin (21/2/2018) waktu setempat, pengacara Lloyd mengungkap informasi yang dikumpulkan Google dari pengguna iPhone terbagi ke beberapa golongan, mulai dari ras dan etnik, kesehatan fisik dan mental, opini politik, orientasi seksual, hingga kelas sosial.

Bahkan, data yang diambil juga terbagi ke beberapa kondisi pribadi, mulai dari kondisi finansial, kebiasaan belanja online, dan yang paling sensitif adalah lokasi geografis di mana si pengguna mengakses layanan Google.

Hugh Tomlinson, juru bicara Lloyd, berkata informasi yang diakses pengguna ternyata menjadi ‘data’ yang diambil Google untuk mengetahui kebiasaan mereka.

Nantinya, data yang diambil tersebut akan diolah dan dikirim ke pihak pengiklan agar mereka bisa menargetkan iklan sesuai kalangan pengguna.

Share Button

Related Posts