February 17, 2019

GM ‘Serang’ Amien Rais! Hanum Rais Singgung ‘Dana Abadi Kebudayaan’: Dia Harus Laksanakan Tugas

Joko Widodo dan Goenawan Mohamad (liputan6)


intelijen – Sejumlah pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yang digalang tokoh liberal Goenawan Mohamad (GM) telah meminta Amien Rais untuk mengundurkan diri dari dunia politik, khususnya PAN. Langkah GM cs jelang Pemilu 2019 itu dicurigai banyak pihak.

Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais pun mengaitkan langkah GM cs itu dengan “tugas” khusus yang harus dijalankan GM setelah mendapat kepastian akan diberikan kepercayaan mengelola “Dana Abadi Kebudayaan”.

Hanum Rais menilai Dana Abadi Kebudayaan yang mencapai Rp5 triliun itu lebih layak untuk dialokasikan bagi pembenahan peralatan penanggulangan bencana.

“Tanggal 11 Des, 2 minggu kemudian tugas pun harus ‘dilaksanakan’ olehnya. Berkiprah di budaya juga, justru saya menyerukan agar dana itu lebih layak dialokasikan untuk pembenahan peralatan penanggulangan bencana. InsyaAllah pegiat budaya survive dengan ide dan kreativitas!” tulis Hanum di akun Twitter @hanumrais.

Pada 11 Desember 2018, Goenawan Mohamad dan para seniman dan budayawan mengajukan Dana Abadi Kebudayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana. Dalam pertemuan itu Jokowi menyatakan akan menggelontorkan dana mulai 2019 sebesar Rp5 triliun untuk lima tahun pertama.

“Saya hanya melanjutkan Kongres Kebudayaan, yaitu perlunya diadakan dana abadi kebudayaan, dan Pak Jokowi mengatakan iya dan dimulai tahun depan Rp 5 triliun, lima tahun pertama,” kata GM seusai pertemuan di Istana (11/12/2018).

Goenawan Mohamad sendiri di akun @gm_gm pada 11 Desember 2018 menulis: “Hari ini bersama 40 aktivis kebudayaan ketemu Presiden @jokowi. “Pak Dhé” pendengar yang baik. Hasil pertemuan ini bersejarah. Presiden tahun 2019 akan menganggarkan dana abadi kebudayaan — cita2 para aktivis bertahun-tahun.”

@gm_gm menambahkan: “Dana abadi ini tidak akan dikelola aparat pemerintah, kata Presiden. Tapi lembaga non-pemerintah dan para pakar. Kehidupan budaya yang “sustainable” terjamin.”

Sastrawan Edy Effendi di akun @eae18 pun menyambar cuitan akun @gm_gm. “Budayawan Minta Dana Abadi Kebudayaan Rp 5 Triliun ke Jokowi http://detik.id/6vuZdp. Goenawan Mohamad makelar, penyebar hoaks nomor 1, buzzer Jokowi mengawal pertemuan. Kalau dapat cuma geng dia yang akan dibagi. Judulnya lebih tepat pakai kata Makelar bukan Budayawan,” tulis @eae18.

Wartawan senior yang juga politisi PAN, Dhimam Abror, dalam tulisan panjang bertajuk “Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN” yang dimuat di situs seruji.co.id (27/12), mensinyalir motif GM mengobok-obok PAN adalah “urusan perut”. Dhimam membandingkan upaya GM mencaplok Jawa Pos dengan mengobok-obok PAN.

Share Button

Related Posts